27 Juli 2024

Peringati Bulan Bung Karno, Partai Wong Cilik Merauke Bagikan APD

0

Penyerahan APD ke Kepala Puskesmas Rimba Jaya langsung dari Ketua DPC PDI -P Merauke Heribertus Silvinus Silubun,SH.Foto: PSP/ERS

Merauke, PSP – Meski ditengah pendemi, DPC PDI-P Kabupaten Merauke yang disebut dengan Partai Wong Cilik tetap memperingati bulan Bung Karno Presiden Pertama Republik Indonesia. Yang mana, awal hingga berakhirnya bulan Juni menjadi bulan Bung Karno bagi partai berlambang banteng ini.

Berbagai kegiatan dilaksanakan, salah satunya pembagian Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang ada di puskesmas pinggiran Kota Merauke.

Puskesma Rimba Jaya, Kelapa Lima, Samkai, dan Gudang Arang menjadi sasaran pemberian APD yang langsung dimotori Ketua DPC PDI-P Kabupaten Merauke, Heribertus Silvinus Silubun,SH, Rabu (23/6).

Dikatakan Heri sapaannya, gelaran peringatan bulan Bung Karno dilaksanakan serentak secara nasional. Dan setiap daerah diberikan ruang untuk menentukan kegiatan yang berkaitan dengan Bung Karno dan Pancasila.

“Nah, ditengah pendemi salah satu yang menurut kami perlu adalah APD, kami juga berkontribusi untuk mendukung para tim medis yang ada di puskesmas,” kata Heri di Puskesmas Rimba Jaya.

Setiap Puskesmas, mendapatkan 10 stel baju APD, dan masker 7 box. Yang diharapkan para tim medis tetap semangat dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat.

Dikatakan Heri, puskesmas menjadi sasaran pemberian APD dikarenakan menurut pantauan bantuan APD sejauh ini lebih banyak ke rumah sakit.

“Sebagai anggota dewan kami tahu bahwa pemerintah melalui APBD sudah memberikan dukungan yang sangat cukup untuk RSUD dan dari pengamatan kami sudah cukup banyak juga bantuan dari pihak-pihak ke RSUD,” tutur Heri.

Ia juga mengatakan, PDI-P juga tida akan menutup mata bagi puskesmas di distrik – distrik yang mudah dijangkau untuk sementara. “Memang tidak seberapa, tapi setidaknya bisa membantu mereka dalam melaksanakam tugas,” ucap Heri.

Ditambahkan, sepantasnya PDI-P tetap mengikuti komitmen daripada Bung Karno yang menggagas konsep marhainisme yaitu masyarakat kecil harus menjadi perhatian.

“Dilihat komitmen Bung Karno dengan menggagas konsep marhainisme yaitu masyarakat kecil yang perlu menjadi perhatian, gagasan – gagasan itu kami sebagai kader penerus, berfikir untuk memberi fokus perhatian kepada rakyat kecil di daerah pinggiran. Makanya kenapa program pemberian bantuan APD ke puskesmas karena mereka adalah garda terdepan yang langsung menyentuh masyarakat kecil,” pungkas Heri.

Sementara itu Kepala Puskesmas Rimba Jaya, Habel Y. Leplepem Tanate,Skm mengatakan untuk di puskesmasnya amat jarang mendapatkan APD. “Kami berterimakasih atas bantuan ini, karena sangat jarang kami mendapatkan bantuan seperti ini,” ujar Habel. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *