21 Juni 2024

Bupati Merauke Setujui Pemulangan 597 Warga ke Kimaam

0

Penyerahan daftar nama warga Kimam kepada Bupati Merauke di Kantor DPRD.Foto: PSP/ERS

Merauke, PSP – Bupati Merauke Fredderikus Gebze,SE.,M.Si menyetujui pemulangan 597 lebih warga Distrik Kimaam yang sejak lama tinggal di wilayah kota Merauke.

Persetujuan itu dibuktikan dengan penyerahan daftar nama – nama warga Kimaam oleh Wakil Ketua II DPRD Merauke, Dominikus Ulukyanan,S.Pd kepada Bupati Merauke saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kantor DPRD lusa lalu.

Dominikus Ulukayanan mengatakan sebelumnya pihak dewan mengajukan permintaan sejumlah warga kimaamuntuk pulang ke kampung halamannya.

“Bupati setujui. Nanti tanggal 22 Juni 2020 , dua buah kapal akan antar mereka pulang, ada sekitar 597 orang,” kata Dominikus.

Ditegaskan Domin, upaya yang dilakukan tentang pemulangan warga Kimaam yang ada di kota, bukan semata – mata mengesampingkan warga yang ada diluar Kabupaten Merauke yang juga meminta pulang.

“Sebenarnya keluarga saya juga ada diluar Merauke, tapi saya lebih utamakan orang asli Papua di Merauke ini, karena mereka orang yang tidak berdaya dan suaranya tidak pernah didengar,” tutur Domin.

Contohnya, lanjut Domin, dalam hal penerimaan BST, warga – warga tersebut tidak menerima karena tidak mempunyai KTP. “BLT juga mereka tidak dapat, karena penerima BLT itu berdasarkan RT daftar penduduk yang ada di kota,”tandasnya. Dikatakan Domin, selain itu dewan juga telah meminta agar dana desa di 179 kampung segera dicairkan. “Supaya mereka – merak ini bisa menerima hak mereka, sekarang pemerintah saya lihat sudah mulai kucurkan dana – dana kampung,” pungkasnya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *