21 April 2024

Informasi Ikhtisar Dasarian I Juni 2020 Papua Wilayah Selatan

0

Lelan Herlina Pinem,S.Tr

Oleh: Lelan Herlina Pinem,S.Tr (Forecaster BMKG Tanah Miring)

Analisis, arah angin aliran massa udara di wilayah Papua Selatan didominasi angin Timuran yaitu massa udara yang berasal dari Benua Australia dengan terpantaunya tekanan rendah sehingga mempengaruhi sirkulasi angin di wilayah Papua Selatan. Kecepatan angin 5-20 Knots dengan suhu udara berkisar antara 23ºC – 34ºC. Kondisi Anomali Suhu Permukaan Laut di wilayah perairan Papua Selatan masih menunjukkan kondisi Normal pada kisaran -0.25ºC– 0.5ºC. Pada Lapisan 850mb  terpantau kelembaban udara diatas 90%, dengan anomali Outgoing Longwave Radiation (OLR) berada pada kondisi positif yang mengindikasikan berkurangnya tutupan awan hujan selama beberapa hari kedepan, dengan daerah kriteria Hari Tanpa Hujan (HTH) sangat pendek 5 hari terjadi di Okaba.

Dalam 10 hari terakhir terukur curah hujan tertinggi di wilayah Papua Selatan terjadi di Kabupaten Mimika distrik Iwaka sebesar 202 mm. Wilayah Papua Selatan di wakilkan oleh Zona Musim 342 yaitu Kabupaten Merauke, dimana Prakiraan puncak musim kemarau 2020 di Zona Musim 342 ( Zona Musim atau ZOM adalah pembagian wilayah berdasarkan iklim daerah tersebut) terjadi di bulan September 2020. Dengan demikian kategori curah hujan yang terjadi selama dasarian satu Juni 2020 adalah Rendah (0 – 50 mm) dengan sifat hujan Bawah normal terjadi di wilayah Merauke.

Himbauan kepada masyarakat agar lebih waspada adanya potensi kebakaran hutan untuk daerah dengan tanaman yang banyak membutuhkan air dan peningkatan hama tanaman yang sensitif terhadap kondisi kekeringan, serta jaga lingkungan sekitar anda dan jaga kesehatan.

Demikian Informasi Ikhtisar Iklim Dasarian I Juni 2020 untuk Wilayah Papua Selatan.

Info lengkap dapat diakses pada :

Whatsapp/Telegram : +628114908182

Email :staklim.merauke@bmkg.go.id / staklim.merauke@gmail.com

Website : http://bmkg.go.id

Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *