22 Februari 2024

Bupati Fredy : Jangan Sekali- kali Membiarkan Nyamuk Melewati Perbatasan

0

Bupati Merauke memeriksa barisan pasukan, saat upacara peyambutan dua batalyon pengganti Satgas Pamtas RI-PNG di Pelabuhan Yos Sudarso, Jumat (12/6).Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Tugas kenegaraan yang diemban oleh Yonif Mekanis 516/Caraka Yodha dan Yonif 125/Simbisa, tidak lain untuk menjaga perbatasan Negara RI-PNG.  Untuk itu, jangan sekali-sekali kali membiarkan nyamuk melewati perbatasan.  Pesan itu disampaikan Bupati Merauke, Frederikus Gebze,SE,M.Si, saat memimpin upacara peyambutan Satgas Pamtas RI-PNG, Yonmek 516/CY dan Yonif 125/SM, di Pelabuhan Yos Sudarso, Jumat (12/6).

Bupati menyebut, sesuai instruksi Panglima, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, prajurit, seyogianya menjaga sumpah prajurit, memegang teguh sapta marga dan patuh dengan atasan atau situasi kondisi yang ada.  Prajruit juga diingatkan untuk memahami dan mematuhi yang namanya prinsip-prinsip kemanusaian, yakni tentang HAM.

“Dimanapun dan kapan pun, cara-cara yang dilaksanakan adalah human sosial. Menjaga jiwa kemanusian, menjadi salah satu nafas kehidupan dalam bernegara  dan berbangsa,” pinta orang nomor satu di jajaran Pemda Merauke itu.

Kabupaten Merauke, sendiri terdiri dari 20 distrik, 179 kampung dan 11 kelurahan. Personil yang bertugas di daerah tersebut agar menjaga, menghormati, menghargai, saling berkoordinasi dengan warga setempat.  Begitu pula dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan kelompok yang dianggap menjadi panutan. Merauke merupakan Indonesia mini, karena ada berbagai suku dan ras, yang  hidup berdampingan.

“Sebagaimana senjata dan jiwa raga yang ada didadamu, lakukan lah itu sebagai sebuah persahabatan, sejati dalam pertemuan di tempat ini,” katanya.

Bupati juga menyinggung bahwa Indonesia, salah satu dari 216 negara, yang juga mengalami panedmi covid-19. Untuk itu, prajurit juga diharapkan berperan membantu pemerintah daerah dan masyarakat menjaga protokol covid-19. Mengakhiri sambutannya, Bupati juga memberikan apresiasi bagi prajurit Yonmek Raider 411/Kostrad dan Yonif 406/CK, atas dedikasinya selama menjalankan tugas di Merauke dan Boven Digoel.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *