21 Juni 2024

Penerapan New Normal, Imigrasi akan Buka Kembali Pelayanan Paspor

0

Aktivitas pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II Merauke beberapa waktu lalu. Foto: PSP/Dok.

Merauke, PSP – Kantor Imigrasi Kelas II B Merauke akan kembali membuka pelayanan paspor seperti biasa dengan adanya penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Merauke, Murdo Danang Laksono saat ditemui Papua Selatan Pos di kantornya, Kamis (11/6).

Dia mengatakan sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Imigrasi tentang pelayanan keimigrasian dalam masa new normal, kouta permohonan paspor akan dikurangi 50 persen. Sementara untuk wilayah Merauke mengingat, jumlah pemohon paspor tidak begitu banyak maka kemungkinan masih bisa dilayani seluruhnya.

“Jadi untuk mengatur kouta ini, permohonan pembuatan pastor akan diajukan secara online. Khusus untuk kota besar yang pemohonnnya banyak, tentu akan dikurangi, namun untuk di Merauke, kita akan bantu untuk masukan secara online. Kita juga tahu keterbatasan di sini rata-reata pemohon langsung datang ke kantor,” kata Danang.

Terkait dengan protokol kesehatan, pihaknya juga sudah mempersiapkan berbagai kelengkapan, mulai dari APD petugas, tempat ruang tunggu dengan sosial distancing dan beberapa hal lainnya. Selain itu, setiap penungjung juga wajib mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk kantor.

“Yang awalnya kita hanya layani paspor untuk keadaan darurat, nantinya akan bisa dilayani seperti biasa dengan pembatasan kouta.  Kemudian ada juga kemudahan bagi warga negara asing. Untuk keputusan dimulainya pelayanan seperti biasa ini, kami masih menunggu arahan dari Direktorat Jenderal Keimigrasian,” kata Danang. [JAK-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *