13 April 2024

Putra-Putri Papua Diharapkan bisa Ikut Seleksi Calon Taruna Poltekim

0

Murdo Danang Laksono

Merauke, PSP – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah Papua telah membuka seleksi penerimaan calon taruna/taruni sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Tahun Akademik 2020. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 8 Juni 2020 dan akan ditutup pada tanggal 23 Juni 2020 mendatang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Merauke, Murdo Danang Laksono berharap dengan adanya kesempatan ini, putra-putri asli Papua diharapkan bisa mengikuti seleksi calon taruna/taruni di Politeknik Imigrasi. Kemenkumham Kantor Wilayah Papua masih membutuhkan putra-putri bumi cenderawasih untuk menduduki jabatan keimigrasian yang ada.

“Kami di Papua ini butuh sekali banyak putra-putri Papua yang dapat menduduki jabatan di Kemenkumham. Jadi harapan saya putra-putri asli Papua untuk bisa ikut dalam pendaftaran ini. Yang paling utama adalah bagaimana berkas permohonan pendaftaran itu masuk dulu dan verifikasinya menunggu petunjuk dari pusat,” kata Danang saat ditemui Papua Selatan Pos di Kantor Imigrasi Kelas II Merauke, Kamis (11/6).

Dia mengatakan sebagai perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kemenkumham Republik Indonesia, penerimaan dan pendidikan taruna/taruni Poltekim tidak dipungut biaya. Seluruh biaya sudah ditanggung oleh Kemenkumham. Apabila dinyatakan lulus menjadi taruna secara otomatis menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sementara di Poltekim sendiri ada beberapa jurusan, yaitu, Diploma IV Hukum Keimigrasian, Diploma IV Administrasi Keimigrasian, Diploma IV Manajemen Teknologi Keimigrasian dan Diploma III Keimigrasian. Lulusan taruna Poltekim akan mendapat gelar Sarjana Terapan Imigrasi.

“Untuk baju seragam atribut dan yang lainnya selama pendidikan diberikan gratis oleh kampus. Biaya makanan juga semua gratis dan para taruna juga akan disuplai makanan dan gizi yang baik untuk membentuk tubuh dan performa yang baik. Kampus sendiri memiliki fasilitas olahraga, seni budaya , perpustakaan labolatorium komputer, labolatorium praktek keimigrasian dan tempat beribadah,” kata  Danang.

Adapun kuota Formasi Sekolah Kedinasan Politeknik Imigrasi ( Poltekim) ialah sebanyak 300 taruna/taruni. Formasi dibuka bagi para lulusan SLTA pria/wanita dan sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Setelah lulus dari pendidikan, Taruna akan menjadi calon ASN Kemenkumham yang diproyeksikan menduduki formasi Analis Keimigrasian dan ditempatkan di unit pelayanan teknis Imigrasi di seluruh Indonesia.

Jika tertarik menjadi Taruna Poltekim dan ingin mendapat info lebih lengkap, maka bisa membuka laman catar.kemenkumham.go.id

Cara daftar

1. Pelamar umum wajib melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://dikdin.bkn.go.id dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dimulai 8-23 Juni 2020; 2.

2. Khusus bagi pelamar formasi Pegawai dan formasi Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat melakukan pendaftaran, unggah berkas lamaran dan cetak tanda bukti pendaftaran secara online dimulai tanggal 8-23 Juni 2020 pada portal http://catar.kemenkumham.go.id;

3. Pelamar hanya boleh memilih 1 pilihan Sekolah Kedinasan, apabila terdapat kesalahan dalam memilih sekolah kedinasan, maka akan menjadi tangung jawab pelamar sendiri, panitia tidak dapat merubahnya Jika memilih lebih dari 1 pilihan Sekolah Kedinasan maka pelamar tersebut secara otomatis dinyatakan gugur atau tidak dapat mengikuti tahapan seleksi administrasi. [JAK-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *