21 April 2024

Tahun Ini, 137 Calon Jamaah Haji Merauke Batal Berangkat

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – Menyusul kebijakan Kementerian Agama tentang pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun 2020, di Merauke ada 137 calon jamaah haji batal berangkat.  Pleh karena itu, nantinya calon jamaah haji akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2021.

Penyelengara Haji dan Umroh Kabupaten Merauke, Dikriwati mengatakan seluruh calon jamaah haji yang ditunda keberangkatannya bisa menerima dengan ikhlas. Ia menjelasakan, kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak lain demi kemaslahatan seluruh calon jamaah haji.

“Kalau antrian sekarang ini 8 sampai 9 tahun. Tahun ini pada tahap pertama kita mendapat sebanyak 122 calon jamaah. Kemudian pada tahap kedua, kami mendapat tambahan 2 orang menjadi 124. Selain itu, ada kuota cadangan sebanyak 13 orang. Jadi jumlah total calon jamaah kabupaten merauke ada 137”.

“Penundaan yang tahun 2020, untuk mereuke, intinya semua jamaah menerima dengan ikhlas dan tawakal karena menyesuaikan dengan adanya covid, jadi untuk menjaga keselamatan dan kemaslahatan umat,” kata Dikriwati kepada Papua Selatan Pos, Selasa (9/6/2020).

Dikriwati menegaskan, jika sebelum dikeluarkannya kebijakan pembatalan pemberangkatan jamaah, Kemenag Merauke telah melakukan hampir seluruh tahapan persiapan pemberangkatan.

“Kita sudah persiapan manasik mandiri, pemeriksaan kesehatan dipuskesmas, pemeriksaan kesehatan lanjutan dirumah sakit, dan sudah faksin minigitis dan flubiu. Jadi tinggal manasik secara nasional. Kira-kira kita sudah siap semuanya, sudah 95 persen,” ujarnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *