21 Februari 2024

Pemda Dan RSUD Merauke Luncurkan Alat Pemeriksaan Covid-19 Metode Tes Cepat Molekuler

0

Peresmian TCM oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze,SE,M.Si

Merauke, PSP – Pemerintah Daerah (Pemda) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke meluncurkan alat pemeriksaan covid-19 metode tes cepat Molekuler (TCM), di RSUD pada Selasa (9/6/2020) siang.

Acara peluncuran alat pemeriksaan covid-19 metode tes cepat Molekuler (TCM) dihadiri Bupati Frederikus Gebze, Ketua DPRD Kabupaten, Sekda Kabupaten Merauke, Direktur RSUD Merauke, Kepala Dinas Kesehatan Merauke dan tenaga medis RSUD. Acara peluncuran ditandai secara  simbolis dengan pelaksanaan gunting pita oleh Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita mengatakan nantinya dengan adanya TCM, Dinas Kesehatan tidak lagi mengirimkan sampel darah dan Swab ke balitbang Jayapura untuk mengetahui pasien positif corona atau tidak.

“Kalau selama ini hasil swab pasien terduga covid-19 kita kirimkan untuk PCR di Jayapura, maka setelah alat ini diset pada kamis (4/6/2020) kemarin, kemudian dites untuk beberapa orang, kita bisa melakukan tes di Merauke,” ujar Nevile dalam sambutannya dalam acara launcing TCM.

Hal senada disampaikan Direktur RSUD Merauke, dr. Yenny Mahuze. Ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaanya, TCM hanya dalam satu harinya hanya bisa memeriksa kurang dari 20 orang saja. Sehingga, nantinya pasien akan dites dengan rapites terlebih dahulu, jika hasilnya positif, maka selanjutnya akan dites dengan TCM yang akuratif dalam memastikan positif corona.

“Jadi kita dalam satu hari hanya bisa melakukan pemerikasaan sebanyak 16 sampel, dan sekali pakai untuk 4 orang pasien. Jadi untuk mengurangi pemakaian yang terus menerus, kita lakukan pemeriksaan rapitast dulu. Kalau reaktif baru dilakukan pemeriksaan dengan TCM,” pungkasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *