21 Juni 2024

Aparat Pertegas Seluruh Warga Wajib Lapor Jika Ingin Masuk ke Mappi

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – Pemerintah Kabupaten Mappi, melalui Tim Gugus Tugas minta seluruh aparat TNI/Polri, kesehatan serta aparat kampung agar aktif menyampaikan laporan keberadaan tamu dari luar atau warga yang baru pulang dari daerah lain di luar Kabupaten Mappi. Hal tersebut agar, petugas dapat melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat yang baru tiba dari bepergian ke luar Kabupaten Mappi untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Kapolres Mappi  melalui Kasat Binmas AKP Handriakso saat mendampingi Ketua Tim Gugus Tugas yaitu Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengatakan salah satu cara mencegah penularan Covid-19 itu adalah mengetahui sejak dini kondisi kesehatan masyarakat, terutama warga yang baru pulang dari daerah terpapar virus tersebut.

“Kami berharap jika ada warga yang baru tiba dari luar wilayah tidak langsung menuju ke rumah, melainkan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan terdekat, salah satunya Pos Pemeriksaan Covid 19 atau Puskesmas,” ujar  kata AKP Handriakso, kemarin.

Jika tidak ingin langsung ke Puskesmas, maka petugas kesehatan siap mengunjungi rumah warga untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Langkah tersebut untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan terkait merebaknya wabah virus corona.

“Begitu tiba harus segera laporkan, jangan sampai menunggu beberapa hari baru menyampaikan laporan. Karena jika ada warga yang positif terjangkit Covid-19 maka penularannya akan sangat cepat, bukan tidak mungkin anggota keluarga lainnya akan tertular,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan disampaikan oleh Bupati Mappi, selaku ketua tim. Masyarakat yang baru tiba di seluruh wilayah Kabupaten Mappi menggunakan speedboad, agar sandar di Pelabuhan. Sesuai sesuai protokol kesehatan,  harus dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim Satgas Covid-19.

“ Kami mengimbau masyarakat untuk melaporkan diri terutama yang baru tiba dari manapun kepada tim satgas. Mereka tetap dipantau dan diperiksa kesehatan dalam tiga hari ke depan. Jika tidak ada keluhan, mereka disarankan tetap mengisolasi diri di rumah,” jelas Bupati.

Selain mengantisipasi dengan melakukan pendeteksian diri melalui pemeriksaan kesehatan, Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Mappi juga mengimbau masyarakat menunda kegiatan yang memungkinkan terjadinya kontak fisik secara massa atau hindari tempat kerumuman.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *