24 Juni 2024

Petugas Arahkan Ratusan Warga Perbatasan Kabupaten Mappi Rapid Test

0

Warga sedang melakukan rapid test.Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Seratus lebih warga kampung dan pedagang di tiga kampung di perbatasan Kabupaten Mappi dengan Asmat mengikuti rapid test, Minggu (31/5).

Kapolres Mappi melalui Kasat Binmas, AKP Handriakso Kasat Binmas mengemukakan pengambilan sample darah jari tangan warga secara sukarela seiring upaya pengendalian pandemi wabah Covid-19 di Kabupaten Mappi. Dengan tujuan menciptakan suasana yang kondusif di tengah masyarakat meski situasi pandemi Covid-19.

“Dengan demikian, warga menyadari bahwa Covid-19 ini memang benar adanya dan harus selalu waspada dalam memberantas mata rantai penyebarannya,” ujar AKP Handriakso, dari balik ponselnya, kemarin usai memantau kegiatan di check point yang dibuat oleh Pemda Mappi, kemarin.

Masyarakat, katanya,  harus bersatu di dalam memerangi pandemi Covid-19 ini, Agar wabah tersebut tidak masuk ke wilayah Mappi. Masyarakat diminta tidak boleh putus asa dan lengah. Untuk itu, para relawan maupun petugas gabungan diingatkan untuk terus memberikan yang terbaik.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Mappi, dr.Roni Tombokan juga memberikan pemahaman epada masyarakat bagaimana tata cara menangani warga wabah Covid-19 ini. Petugas melakukan  tes suhu tubuh hingga mengambil sample darah untuk dilakukan rapid test dengan selalu mengedepankan aturan protokol kesehatan.

“Kita harus memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga kita semua tidak sampai terpapar virus corona tersebut,” katanya. Warga yang sempat ragu melakukan test, akhirnya mau diperiksa setelah mendapat penjelasan dari petugas TNI/Polri yang tergabung di Tim Gugus Tugas. [FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *