21 Juni 2024

1 Pasien Wanita Rujukan dari Boven Digoel, Positif Covid-19

1

dr. Nevile Muskita

Merauke, PSP-Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Boven Digoel dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), berdasarkan hasil pemeriksaan sampel darah.
Pasien tersebut merupakan seorang wanita berusia 31 tahun yang sementara mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke.
Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita menyampaikan, pasien rujukan dari Boven Digoel ini merupakan salah satu penumpang Pesawat Lion Air yang tiba di Merauke pada tanggal 24 Maret 2020 lalu, bersamaan dengan PDP nomor 13 dan 14 yang sebelumnya positif Covid-19. Yang bersangkutan saat itu duduk di seat nomor 11 dan cukup jauh dari tempat duduk PDP nomor 13 dan 14 yang berada di seat nomor 2.
“Tadi malam setelah menerima hasil. Saya langsung kontak dengan kepala Dinas Kesehatan Boven Digoel dan hari ini mereka ada rapat tersendiri di sana dan akan diumumkan oleh Pemda tersendiri di sana. Mereka segara melakukan pengecahan di sana,” kata dr. Nevile dalam jumpa pers di Posko Covid-19 Kabupaten Merauke, Selasa (21/4).
Nevile menyebutkan, sesuai hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, pasien tersebut tetap didata sebagai pasien Covid-19 dari Kabupaten Boven Digoel, meskipun dirawat di RSUD Merauke. Dengan begitu data pasien positif Covid-19 ini akan digunakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel untuk dilakukan trashing contact guna mengambil pencegahan penularan.
“Untuk yang positif dari Boven Digoel ODP-nya semua di sana. Nanti juga coba lakukan trashing karena pasien rujukan ini sebelum ke Boven Digoel, dia ke Merauke dulu. Nanti kita akan telusuri dia berapa lama di sini dan kontak dengan siapa saja. Kita akan koordinasi dengan teman-teman di rumah sakit untuk mendapatkan data lengkap,” kata Nevile. [JAK-RH]

1 thought on “1 Pasien Wanita Rujukan dari Boven Digoel, Positif Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *