14 Juli 2024

Bangunan Bersejarah Dirusak dan Dijarah Sekelompok Masyarakat, Kondisinya Memprihatinkan

0

Tampak bagian lantai rumah residen peninggalan Belanda yang sudah tersisa sedikit karena dijarah masyarakat

Merauke, PSP – ‘Eks Rumah  Resident’ pada masa penjajahan Belanda yang beralamat di Jalan Sabang, Distrik Merauke dirusak oleh sekelompok masyarakat beberapa hari terakhir. Mereka merusak dan mengambil papan dari bangunan bersejarah itu. Bahkan dinding dari rumah panggung itu kini tiada lagi, sementara bangunan lantai hanya tersisa separuhnya saja. Sebelumnya bangunan ‘Eks Kantor Pos’ yang tak jauh dari ‘rumah resident’ juga sudah dirusak dan dijarah. Kini kedua bangunan yang memiliki nilai sejarah itu kondisinya memprihatinkan.

Menurut warga sekitar beberapa terakhir ini ada sejumlah warga yang sengaja datang ke rumah resident itu lalu mencongkel bagian papan satu persatu, mulai dari dinding hingga bagian dalam. Sebelumnya rumah itu tampak utuh sebelum dirusak. “Tadi itu masyarakat yang bongkar itu sempat ditegur polisi,malah mereka melawan polisi juga”, tutur warga yang enggan namanya disebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Merauke, Benhur Rentandatu menyebut seharusnya tindakan perusakan itu tidak boleh dilakukan. Mengingat bangunan panggung itu merupakan cagar budaya yang arus dijaga dan dilestarikan. Bangunan itu sendiri dibangun tahun 1920 bersamaan dengan eks kantor pos eks peninggalan Belanda dulu.

“Ini harus kita jaga bersama”, kataBenhur di sela-sela melihat banguan yang sudah dirusak itu. Pihaknya mengambil langkah dengan berkoordinasi dengan Kepala Distrik Merauke, Lurah hingga Ketua RT setempat. Dengan maksud bagaimana langkah yang diambil selanjutnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *