22 Juli 2024

Canangkan Pencegahan Stunting di Kab. Mappi, Sekda Mappi : Perlu Kerjasama Pemerintah dan Masyarakat

0

Saat Dilakukan Penimbangan Bayi

Mappi, PSP – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Mappi melakukan Pencanangan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting. Pencanangan pencegahan Stunting dilaksanakan di halaman kodim 1704 Mappi sementara, yang dicanangkan langsung oleh Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si melalui Sekda Mappi Ferdinandus Kainakaimu, S.Pd, M.Sc, Jumat (21/6/2024).

Sekda Mappi dalam sambutannya mengatakan, Pencanangan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting dilakukan di seluruh Indonesia, dan khusus wilayah Provinsi Papua Selatan pada tanggal 21 Juni 2024 dilakukan Pencanangan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting. Terima kasih kepada kader-kader pencanangan pencegahan Stunting, serta seluruh masyarakat yang telah hadir untuk melakukan posyandu secara rutin perbulan.

“Pencanangan pencegahan Stunting telah menjadi agenda nasional, sehingga khusus di kabupaten mappi secara bersama-sama baik dinas teknis dan masyarakat harus berkomitmen untuk melakukan pencegahan Stunting. Banyak informasi yang pastinya kita telah ketahui bersama tentang Stunting, dan Stunting sangat menakutkan, jika tidak dilakukan pencegahan Stunting,” tutur Sekda Mappi dalam sambutan.

Sekda Mappi menyebut, pencegahan Stunting perlu kerjasama dan komitmen antara pemerintah dan masyarakat. Lalu yang perlu dilakukan adalah skrining ibu hamil dan calon pengantin, penimbangan pengukuran bayi dan balita terstandar, intervensi masalah gizi dan rujukan yang tepat, edukasi pencegahan Stunting, dan pencatatan laporan secara real time.

Diharapkan, kesedaran masyarakat perlu ditingkatkan, karena sangat penting untuk melakukan pencanangan pencegahan Stunting dari dalam kehidupan keluarga. Pemerintah daerah melalui dinas-dinas terkait telah berupaya semaksimalkan mungkin, untuk melakukan pencegahan Stunting, dan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyadari tentang bahayanya Stunting, dan semoga kabupaten mappi bebas secara perlahan dari Stunting.

Diketahui, Pencanangan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting yang dilakukan oleh DP3AP2KB berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan TP-PKK. Antusias masyarakat dalam mengikuti posyandu untuk pencegahan Stunting sangat luar bisa, dikarenakan ada sekitar puluhan masyarakat yang perbulan rutin ikut posyandu dalam rangka pencegahan Stunting. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *