15 Juli 2024

Sebuah Kontainer Terbakar saat Hendak Dibongkar di Pelabuhan

0

Pekerja ekspedisi sedang memuat barang yang masih bisa diselamatkan pasca terbakarnya kontainer

Merauke, PSP – Sebuah kontainer berisi barang campuran terbakar saat hendak dibongkar di Pelabuhan Yos Sudarso, Selasa (18/6/2024) sekira pukul 08.30 WIT. Unntungnya tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil ditafsir mencapai jutaan rupiah.

Kapolres Merauke melalui Kapolsek KPL Merauke, AKP I Made Sudarma yang dikonfirmasi membenarkan. Penyebab kebakaran itu masih dalam proses pengembangan penyelidikan. Tim Inafis Polres juga sudah melakukan olah TKP di lokasi. “Kita juga akan cek manives barang, apa saja isi kontainer ini. Biar lebih jelas”, beber Kapolsek di lokasi.

Saat kontainer dibuka dan dimiringkan, ada sejumlah barang yang terlihat mulai keramik, karung goni, cat hingga air mineral. Namun perlu dilakukan kroscek secara data.  Pihaknya juga belum mengetahui nilai kerugian karena masih dihitung pihak ekspedisi. 

Informasi awal kebakaran tersebut diterima pihaknya dari petugas ekspedisi. Dimana, kontainer tersebut akan dibongkar. Salah satu petugas lalu mengambil gergaji besi dan memotong segel kontainer. Dia lalu membuka pintu kontainer dan kaget melihat ada asap di dalam kontainer. Dia pun menyamaikan kepada petugas lainnya dan melapor ke Polsek KPL.

Melihat api semakin membesar kontainer lalu dipindahkan ke tempat yang dinilai lebih aman agar api tidak merembes ke kontiner lainnya.

“Waktu kontainer diturunkan, mobil damkar Satpol PP tiba dan dilakukan pemadaman. Kontainer sempat dimiringkan untuk memudahkan pemadaman”, ujarnya.

Di TKP awal, sebut Kapolsek tidak ada indikasi kesengajaan. Karena kontainer masih tertutup utuh. Di TKP, petugas ekspedisi yang melihat asap mengaku kaget dan panik. “Pas saya buka segel, belum ada asap. Waktu buka pintu, asap langsung keluar”,  tuturnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *