13 Juni 2024

Lewat Pandawa, Urus Layanan BPJS Kesehatan Bisa Dimana Saja

0

Merauke, PSP – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dibekali dengan layanan non tatap muka dari BPJS Kesehatan yang salah satunya adalah Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA). Kehadiran layanan ini bertujuan untuk efisiensi waktu dan tenaga peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Hernawan Priyastomo saat ditemui tim Jamkesnews menjelaskan PANDAWA merupakan layanan elektronik dari BPJS Kesehatan untuk peserta JKN, dengan layanan administrasi yaitu daftar baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pengaktifan kembali kartu, perubahan/perbaikan data, update Virtual Account (VA) Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), serta pelayanan informasi dan pengaduan.

“Tujuan dari PANDAWA yaitu memberikan kemudahan untuk peserta JKN, peserta akan lebih praktis dan dapat melakukan layanan dimana saja, terlebih bagi masyarakat di daerah pelosok yang masih masuk dalam wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Merauke yang kesusahan akses trasportasi tentunya akan jauh lebih terbantu,” ujar Hernawan.

Selain PANDAWA, kanal layanan non tatap muka BPJS Kesehatan juga terdiri dari Voice Interactive JKN (Vika), PANDAWA, Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Anjungan Mandiri (Aman) JKN, BPJS Online, dan website BPJS Kesehatan.

Program ini pun disambut baik oleh peserta JKN, Maikel Bassop (30) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) asal Kabupaten Merauke ini mengaku senang dengan adanya layanan yang menggunakan media sosial tersebut.

“Sangat bagus sekali, sesuai untuk kondisi sekarang generasi milenial maupun gen Z yang lebih dominan untuk melakukan segala aktifitas melalui smartphone sehingga tidak perlu tatap muka dan cukup menggunakan whatsapp (WA) yang tentunya sudah melekat dengan keseharian kita,” kata Maikel pada Rabu (05/06).

Bagi Maikel, layanan berbasis WA ini banyak membantu ia dan keluarganya. Dengan hanya mengirimkan pesan singkat melalui WA yang sesuai dengan alur pelayanan yang ditetapkan, dirinya dapat menikmati berbagai jenis menu administrasi pelayanan BPJS Kesehatan. Hal tersebut cukup menyingkat waktu Maikel yang sebelumnya harus datang ke kantor cabang.

“Jadi nanti kita cukup chat melalui WA ke nomor 0811 8165 165, kemudian nanti akan muncul beberapa pilihan pelayanan. Kita sampaikan sesuai dengan format yang diberi, seperti menulis nama, nomor BPJS atau NIK kita, nomor handphone, dan kode jenis layanan yang kita inginkan. Saat itu saya butuh untuk perubahan identitas, saya tinggal ikuti petunjuk yang telah dikirimkan oleh petugas. Jika ada berkas yang diperlukan seperti KTP atau KK cukup difoto dan dikirimkan melalui WA tersebut. Dari informasi yang saya dapat jenis layanannya juga banyak, seperti pelayanan BPJS Kesehatan yang di Kantor. Bedanya, kami peserta lebih mudah mengaksesnya dari rumah melalui smartphone masing-masing. Saya terbantu sekali BPJS Kesehatan menyediakan layanan PANDAWA ini,”ujarnya.

Bukan hanya pelayanan PANDAWA yang menuai pujian karena cepat memberikan respon, tapi pelayanan di fasilitas kesehatannya juga sangat responsif. Hal itulah yang membuat Meikel sangat bersyukur karena telah menjadi peserta JKN. Menurutnya, menjadi peserta JKN selalu memberikan ia keuntungan.

“Pelayanannya itu cepat tanggap, tidak mengenal waktu dalam memberikan pelayanan dan tidak juga dibeda-bedakan dengan pasien umum. Saya sangat bersyukur sudah menjadi peserta JKN, tidak ada ruginya bagi saya. Saya justru banyak untung, berobat tanpa perlu pikir biaya,” terangnya.

Maikel berharap ke depannya semakin banyak masyarakat maupun peserta JKN yang memanfaatkan layanan PANDAWA ini karena sangat memudahkan pengurusan administrasi JKN. [JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *