21 Mei 2024

Hingga Mei Bulog Sudah Serap Beras Lokal Sebanyak 2.857 Ton

0

Firman Mando

Merauke, PSP – Memasuki bulan Mei ini, Perum Bulog cabang Merauke mencatat telah menyerap beras lokal Merauke di musim tanam pertama atau Rendengan tahun 2024 ini sebanyak 2.875 Ton per tanggal 14 Mei kemarin. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Perum Bulog cabang Merauke, Firman Mando kepada media ini, Rabu (15/5).

“ Penyerapan kami di Bulog cabang Merauke di musim tanam Rendeng 2024 ini sampai dengan per tanggal 14 Mei 2024 kita sudah menyerap sebanyak 2.857 Ton.  Ini sudah 31 persen dari target tahun ini, tahun ini target 9.388 ton,” katanya.

Sampai dengan akhir Mei nanti, dirinya estimasikan Bulog Merauke bisa merealisasikan penyerapan beras Merauke sebanyak 3.500 Ton.

“ Target sampai dengan Mei sebenarnya 2.800 Ton, berarti kalau kita lihat realisasi sampai dengan kemarin sebenarnya sudah 100 persen bahkan lebih kalau mengacu target Januari sampai Mei,” jelasnya.

Untuk target 1 tahun ini, Perum Bulog Merauke akan membreakdown lagi di masa panen Gaduh atau tanam kedua nanti, disitu nanti akan di sesuaikan targetnya karena di Mei ini perkiraan sudah mulai berkurang panennya bahkan bisa dikatakan tinggal sedikit sekali, mungkin di awal Juni sudah selesai.

“ Kalau lihat kondisi panen di Merauke akhir Mei ini sepertinya sudah mulai berkurang. Target kita tetap optimis kita bisa 100 persen sampai dengan Desember nanti karena masih ada potensi di musim tanam kedua dan itu biasanya kalau musim tanam kedua itu cuaca mendukung dan kualitas beras juga sangat baik,” sambungnya.

Meskipun begitu, pihaknya optimis dan akan menyerap beras lokal sebanyak-banyaknya selama beras tersedia di tingkat petani maupun di tingkat penggilingan. “ Tidak harus sesuai target itu, artinya kalau masih ada beras kita serap sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *