20 Mei 2024

Pj. Gubernur Safanpo dan Bupati Mbaraka Kompak Dampingi Pangdam Cendrawasih saat Kunjungan ke Merauke

0

Merauke, PSP – Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT dan Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka,MT tampak mendampingi Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan,M.Han ketika berkunjung ke kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (20/3).

Semula, mereka bersama – sama berangkat dari Bandar Udara Mopah menuju Kampung Po Epe Distrik Ngguti dengan menumpangi helikopter untuk menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1707/Merauke disana.

Usai menutup TMMD disana, ketiganya bergerak dari Kampung Po Epe langsung menuju Batalyon 757 Ghupta Vira untuk menanam padi di kampung Ivimahad dan Netto.

Orang nomor satu di Provinsi Papua Selatan dan orang nomor satu di kabupaten Merauke itu masih terus terpantau berjalan beriringan mendampingi Pangdam dan kompak keduanya mengenakan kemeja berwarna putih.

Selain didampingi kedua pejabat tersebut, Pangdam juga didampingi Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, SIP., M.Si. Mereka berempat terlihat berbincang di kantin Batalyon.

Penanaman padi yang dilakukan merupakan bentuk upaya menjaga ketahanan pangan bukan saja di Provinsi Papua Selatan tapi juga secara nasional.

“Kita sedang berupaya terus menggalakkan ketahanan pangan,” kata Pangdam.

Penanaman padi itu juga guna menjalankan perintah Presiden Jokowi agar semua jajaran pemerintahan hingga tingkat bawah melakukan upaya menjaga ketahanan pangan.

“Beliau (Pj. Gubernur Safanpo) mendampingi Pangdam karena Indonesia sampai hari ini mengimpor beras, pak Jokowi memerintahkan semua jajaran termasuk Gubernur agar turun ke sawah,” ujar Asisten II Setda Provinsi Papua Selatan Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sunaryo,S.Sos.

Kesempatan itu, Batalyon 757/GV yang dipimpin Letkol Inf Johny Nofriady, SE.,M.Han juga mendapatkan arahan langsung dari Pangdam Cendrawasih dalam melaksanakan tugas kedepan.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1707/Merauke di Kampung Po Epe, Distrik Ngguti, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Rabu (20/3/24).

Selaku Penanggungjawab Keberhasilan Operasi (PKO) TMMD, Pati TNI AD berpangkat bintang dua itu menyampaikan apresiasi kepada seluruh prajurit Satgas TMMD, Pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta seluruh lapisan masyarakat atas pastisipasi dan dukungannya. Dengan demikian, TMMD Ke-119 dapat terselenggara dalam keadaan aman, lancar dan sukses.

“Hasil pembangunan fisik yang dicapai untuk dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga masa pakai bertahan lama. Selain itu, kegiatan non fisik yang dilaksanakan tidak hanya menjadi sekedar pengetahuan tetapi benar-benar dipahami dan diaktualisasikan oleh setiap warga masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”, pesan jenderal berdarah Kopassus itu di hadapan masyarakat.

TMMD Ke-119 tahun 2024 jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yang dilaksanakan di Kodim 1707/Merauke Korem 174/ATW Kampung Po Epe berlangsung selama 30 hari mulai 20 Februari hingga 20 Maret 2024 dengan sasaran fisik pembangunan 20 unit MCK dan 4 unit sumur galian untuk masyarakat setempat. Penutupan TMMD Ke-119 dilaksanakan penandatanganan naskah penyerahan hasil pekerjaan dari Dandim 1707/Merauke, Letkol Inf Bayu Kriswandito kepada Bupati Merauke Romanus Mbaraka. Kemudian, dilanjutkan pemberian ratusan paket sembako kepada masyarakat dan pengecekan hasil pembangunan.[FHS/ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *