20 Mei 2024

KPU Papua Selatan Optimis Pleno Hasil Pemilu 2024 Selesai Tepat Waktu

0

Merauke, PSP – Komisi Pemilihan Umum Papua Selatan optimis untuk pelaksanaan  rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi serta penetapan hasil Pemilu 2024 bisa rampung sesuai dengan jadwal yakni mulai 7 hingga 10 Maret 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuse saat dijumpai di Swiss-belhotel, lokasi rapat pleno, Jumat (8/3/2024).

Di hari pertama pleno, Kabupaten Boven disusul Kabupaten Merauke bisa tuntas hingga waktu yang tidak terlalu malam. Dinamika rapat pleno meski sempat diwarnai adanya sanggahan dari saksi Partai politik (Parpol), semuanya bisa berjalan lancar, tertib dan aman.

“Sanggahan itu saat pleno dari Boven Digoel, tapi sebelumnya sanggahan itu juga sudah disampaikan saat pleno tingkat kabupaten. Jadi semua sudah clear urusannya,” jelas mantan Ketua KPU Merauke itu.

Untuk pleno berikutnya dilanjutkan Kabupaten Mappi dan Asmat. Asmat yang sedianya diplenokan dihari ketiga menjadi hari terakhir.

“Asmat dijadwalkan hari terakhir karena mereka baru besok bertolak dari Asmat,” ujarnya.

Dengan berjalannya rapat pleno yang lancar dan aman, selaku pihak penyelenggara, Theresia juga menyampaikan apresiasi kepada aparat keamanan yang sudah mengawal sejak awal. Theresia menambahkan pihaknya bekerja sesuai dengan regulasi PKPU yang ada. Provinsi Papua Selatan sendiri memiliki jumlah DPT  sebanyak  367.296  yang tersebar  di  empat kabupaten (Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat). [FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *