19 Juni 2024

Lambertus Fatruan :  Pengangguran Terbuka di Papua Selatan Capai 14.300 Orang

0

Merauke, PSP – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Selatan Lambertus Fatruan,ST menyebutkan jumlah pengangguran terbuka di provinsi tersebut mencapai 14.300 orang.

Data ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Menurut Lambertus, pengangguran terbuka tersebut bekerja serabutan dan tidak terikat pada pekerjaan formal.

“Ada 14.300 pengangguran terbuka yang dilaporkan oleh badan pusat statistik kepada kami,” ujar Lambertus di kantornya baru – baru ini.

Namun dibalik itu, Lambertus mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan, tercatat lebih dari 27.000 orang telah bekerja di perusahaan. Data ini mencakup 4 kabupaten di Papua Selatan.

“Jumlah yang bekerja dan tidak bekerja dihitung dengan umur kerja,” kata dia.

Untuk mengatasi masalah pengangguran, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, ESDM Provinsi Papua Selatan telah memulai berbagai upaya. Mereka telah memulai pelatihan dan mendata pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten sejak tahun lalu. Upaya ini akan ditingkatkan pada tahun ini untuk lebih efektif mengurangi angka pengangguran.

Dukungan juga diberikan dalam bentuk pengadaan alat-alat pelatihan, seperti alat pembuat kue, dan bantuan kepada para mekanik. Tujuannya adalah agar setelah selesai pelatihan, para peserta dapat membuka usaha sendiri.

“Kami juga mendukung kabupaten dengan pengadaan alat – alat pelatihan seperti alat pembuat kue dan sebagainya, maksudnya supaya setelah selesai pelatihan mereka bisa membuka usaha sendiri. Demikian pun di mekanik, kami bantu,” lanjutnya. Dikatakan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, ESDM Provinsi Papua Selatan juga berencana untuk memberikan lebih banyak bantuan pasca pelatihan, dan akan menyesuaikan program-program ini dengan program yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di provinsi maupun kabupaten. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *