18 Juni 2024

Bawaslu Mappi Belum Hadir, Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Tingkat Provinsi Diskors

0

Merauke, PSP – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat provinsi Papua Selatan di hari kedua, dijadwalkan untuk Kabupaten Mappi. Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuse mengatakan rapat pleno sudah sempat berlangsung. Namun di dalam forum  atas interupsi permintaan Ketua Bawaslu Papua Selatan agat menghadirkan Bawaslu Mappi. Saksi dari Parpol dan perseorangan pun mengkehendaki yang serupa. Bawaslu Mappi sendiri masih dalam perjalanan dari Asiki menuju Kabupaten Merauke.

“Mereka tidak dapat tiket pesawat, sehingga naik speedboat dari Mappi ke Asiki. Dari Asiki lewat jalur darat ke Merauke. Mereka sudah berangkat dari pagi,” kata Theresia, usia mengetuk palu pertanda rapat pleno diskors.

Menurutnya, rapat pleno rekapitulasi itu akan dilanjutkan setelah Bawaslu Mappi tiba. Diharapkan pleno untuk Kabupaten Mappi bisa rampung sesuai dengan jadwal.

“Jam berapa pun mereka  tiba, kita akan lanjutkan. Akan tetapi, kita juga berkoordinasi dengan pihak keamanan,” kata Theresia seraya menambahkan untuk jam pelaksanaannya akan diinformasikan kembali.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Papua Selatan, Marman menyebut perlunya menghadirkan Bawaslu Mappi, karena mereka yang lebih paham soal proses Pemilu di sana.

“Yang tahu persis pelaksanaan Pemilu, mulai pemungutan hingga perhitungan suara adalah teman-teman kami Bawaslu Mappi. Oleh sebab itu, mohon izin pimpinan sidang (Ketua KPU Papua Selatan,red), usulan kami mohon dipertimbangkan,” katanya.

Para saksi yang hadir juga menyatakan hal yang sama. Sebaiknya, rapat pleno dilanjutkan bila Bawaslu sudah ada. “Bawaslu Mappi, mereka harus hadir di sini. Karena kejadian di Mappi jadi kejadian luar biasa,” ujar mereka. [FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *