20 Mei 2024

Hari Ini KPU Papua Selatan Mulai Plenokan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024

0

Merauke, PSP – Sesuai dengan jadwal dan tahapan, Komisi Pemilihan Umum Papua Selatan mengagendakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 untuk tingkat provinsi mulai hari ini (Kamis 7/3/2024) di Swissbelhotel Merauke hingga 10 Maret 2024 .

Anggota Komisioner KPU Provinsi Papua Selatan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Helda R Ambay mengatakan untuk Papua Selatan terdiri dari empat kabupaten yakni Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel. Dari keempat kabupaten itu yang sudah rampung menggelar pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 baru dua, Merauke dan Boven Digoel.

“Ini dari pantauan dan laporan yang masuk,” katanya di Swissbel hotel, Rabu (6/3/2024).

Di Kabupaten Asmat masih dalam proses. Dari 23 distrik, 18 distrik diantaranya sudah tuntas dan berjalan lancar. Demikian pula di Mappi. Di sana, pleno rekapitulasi sempat diskors lantaran adanya sejumlah masyarakat  yang  tidak terima atas hasil Pemilu dan berujung insiden. Namun, pleno sudah kembali digelar sampai sekarang masih berjalan.

“Laporan yang kami terima,  sejumlah massa tidak puas hasil perolehan suara atas para calegnya dan meminta dilakukan perhitungan suara ulang.  Mappi ini juga kita berharap segera selesai,” terang Helda.

Untuk Rapat pleno terbuka hasil Pemilu 2024 hari ini dimulai dari Kabupaten Boven lalu diikuti Kabupaten Merauke.  Seperti diketahui untul rapat pleno tersebut ratusan aparat gabungan TNI-Polri dikerahkan menjamin keamanan. Sebelumnya Ketua KPU Merauke, Rosina Kebubun menyebut pelaksanaan pleno hasil Pemilu tingkat kabupaten Merauke sudah rampung. Pleno itu berlangsung selama tiga hari (3-5 Maret 2024). Kini pihaknya siap mengikuti pleno tingkat provinsi. [FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *