13 April 2024

Perahu Dihantam Ombak Hingga Bocor, Beruntung Tiga Nelayan Ini Berhasil Diselamatkan

0

Merauke, PSP – Sebuah perahu yang ditumpangi tiga nelayan dihantam ombak besar di perairan Domande, Kabupaten Merauke dan terbentur ke batu karang, Senin (19/2/2024), sekira pukul 16.00 WIT. Akibatnya, lambung perahu mereka mengalami kebocoran dan air masuk secara perlahan.

Insiden itu diketahui Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke setelah mendapat informasi dari salh watu warga bernama Reski, setengah jam kemudian, pasca kejadian. Reski menyebut perkiraan lokasi kejadian bocornya perahu naas tersebut berada di sekitar perairan Domande Merauke. Perahu itu ditumpangi Abdul Salam, Mustari dan temannya Kahar.

Setelah menerima informasi tersebut, Kepala Operasi Dan Siaga Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke, Reza Afriyanto, langsung  memerintahkan satu tim Rescue yang tengah melaksanakan operasi SAR di sungai Kumbe Merauke untuk segera menuju ke lokasi kejadian dan dua personil mempergunakan motor untuk menyisir di pesisir pantai sekitar lokasi kejadian.

“Ini dilakukan karena posisi sungai Kumbe tidak terlalu jauh dari lokasi kejadian dimaksud,” kemarin.

Ketiganya ditemukan petugas di lokasi kejadian sekira pukul 19.40 WIT dengan kondisi air nyaris memenuhi seluruh badan perahu.

“Ketika kami sampai disana, sudah ada satu perahu nelayan yang juga membantu evakuasi. Ternyata korban juga menelepon rekannya sesama nelayan yang hari ini juga melaut di sekitar sungai Bian untuk meminta bantuan” kata Hartono seorang personil penolong Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke.

Ketiga korban memilih untuk ikut bersama perahu nelayan yang lebih dahulu tiba di lokasi kejadian. Sebab, mesin perahu mereka dan barang-barang korban yang lain sudah dinaikkan ke perahu tersebut, sementara perahu korban yang bocor tadi ditinggal di lokasi kejadian.

Mereka mengungkapkan awal mula kejadian yakni perahu mengalami kebocoran saat tengah menarik jaring. Waktu itu datang ombak besar yang menghantam perahu hingga mengakibatkan perahu terbentur ke batu karang didekat mereka.Setelah itu lambung perahu mereka mengalami kebocoran dan air masuk ke dalam perahu perlahan-lahan. Dengan telah ditemukannya ketiga korban maka operasi pertolongan dinyatakan ditutup dan tim rescue yang menggunakan perahu karet kembali ke sungai Kumbe untuk melanjutkan operasi SAR yang sudah lebih dahulu dijalankan sebelumnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *