19 Juni 2024

Pemantau Independen dan Internal Memantau Pelaksanaan Pemilu di Papua Selatan

0

Merauke, PSP – Pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 di Provinsi Papua Selatan, terdapat pemantau independen dan internal yang turut serta memantau jalannya proses pemilihan. Para pemantau ini memainkan peran penting dalam memastikan transparansi dan keberlangsungan proses demokrasi.
Hal ini sebagaimana disampaikan Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.,MT kepada wartawan usai menyalurkan hak suaranya di TPS 3 Kelurahan MarO, Rabu (14/2).

Pemantau independen dan internal itu mengawasi setiap tahap, mulai dari persiapan logistik, hingga penghitungan suara. Keberadaan pemantau independen dan internal ini diharapkan dapat meningkatkan integritas dan kredibilitas hasil pemilihan di Provinsi Papua Selatan.

Pj. Gubernur Safanpo mengatakan pemantauan dan Monitoring sudah dilakukan bersama Forkompimda, KPU dan Bawaslu Provinsi Papua Selatan.
Ada 5 hal yang menjadi penting dalam pelaksanaan proses pemilu, salah satunya pemantau independen.

“Pemantau independen, internal, saksi untuk parpol dan caleg nya. Kami pantau semua perangkat,” kata Pj. Gubernur Safanpo.

Agar diketahui 5 hal yang menjadi penting diantaranya, pertama persiapan distribusi logistik mulai dari H-3 sampai dengan hari ini pada pukul 06.00 Wit. Kedua, meliputi kesiapan infrastruktur TPS, bilik suara, alat pencoblosan dan lain – lain, ketiga mengenai sufrastruktur politik, keempat mengenai keamanannya yang sudah dikoordinasikan juga dengan TNI – Polri terkait kesiapan petugas keamanan di semua jenjang, kelima tentang petugas pemantau baik pemantau independen, internal, saksi untuk parpol dan caleg nya.

Pj. Gubernur Safanpo memastikan seluruh pendukung pelaksanaan pemilu sudah siap di TPS – TPS seluruh wilayah Papua Selatan. “Syukur kepada Tuhan, seluruh wilayah Provinsi Papua Selatan sudah siap melakukan pencoblosan,” ungkapnya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *