14 Juni 2024

Pemda Sambut Baik Merauke Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

0

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Pemerintah Pusat telah mencanangkan kawasan Food Estate kabupaten Merauke menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk produksi Padi dan Tebu.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menyambut baik rencana pemerintah pusat untuk kembali mengintensifkan pengembangan pertanian khususnya Padi dan Tebu di kabupaten Merauke.

“ Tetapi kita bersyukur bahwa pemerintah pusat mau intensifkan kembali program ini, kalau intensifkan program ini kembali tetapi tetap pasti kita akan sesuaikan dengan tata ruang yang ada,” katanya kepada wartawan di kantor Bappeda Merauke, Selasa (24/10).

Bupati Romanus mengungkapkan bahwa program ini sebenarnya sudah berjalan melalui program MIFEE karena realnya sudah terjadi misalnya investasi skala besar, menengah dan kecil juga sudah berjalan.

Termasuk untuk produksi Tebu, dirinya menyebut produksi Tebu juga sudah dijalankan pada program sebelumnya, tinggal bagaimana dalam skala industrialisasi ini diolah.

“ Tebu sebenarnya potensial karena kita dari hasil penelitian sebenarnya kita adalah salah satu wilayah yang betul-betul responsif terhadap tanaman ini dan tanaman Tebu ini kan juga merupakan tanaman lokal Merauke,” jelasnya.

Pemerintah kabupaten Merauke juga terus mendorong sektor pertanian khusus untuk jangka pendek dengan memperkuat sarana prasarana pertanian. “ Misalnya dengan irigasi diperbaiki, lalu juga bantuan Alsintan diberikan, bagaimana membuat kecukupan Saprodi seperti pupuk dan lain-lain ini sebenarnya sudah semua dilakukan,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *