30 Mei 2024

Bupati Romanus : Pengelolaan dana Otsus untuk kemajuan orang papua

0

Pertemuan Bupati Merauke dengan pimpinan OPD bahas pengelolaan Dana Otsus, Selasa (24/10). Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka melakukan pertemuan dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Merauke. Pertemuan tersebut untuk membahas terkait pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2023 di kantor Bappeda dan Litbang Merauke, Selasa (24/10).

“ Hari ini kita pertemuan dengan teman-teman OPD yang mengelola dana Otsus, kita harapkan agar desain giatnya segera harus dilakukan berkaitan dengan alokasi dana. Karena tanggal 1 kita sudah mulai evaluasi bertingkat dari pemerintah provinsi sampai pemerintah pusat,” kata Bupati Romanus kepada wartawan usai pertemuan.

Bupati Romanus mengungkapkan alokasi dana Otsus untuk kabupaten Merauke tahun ini kurang lebih 324 Miliar. Dirinya menugaskan Sekda Merauke dan Kepala Bappeda untuk memberikan arahan secara teknis kepada OPD dan segera melakukan pendampingan untuk bagaimana menguraikan giat kaitan dengan alokasi dana Otsus tersebut.

Dalam pertemuan tersebut juga, Bupati Romanus memberikan beberapa penegasan kepada pimpinan OPD terkait pengelolaan dana Otsus tersebut.

“ Ini dana Otonomi Khusus (Otsus) provinsi Papua, jadi kalau boleh uang ini betul-betul di desain untuk Orang Asli Papua (OAP) sehingga tujuan nasional, tujuan negara ini memberikan dana Otsus provinsi Papua itu bisa terukur bahwa orang Papua itu maju dengan adanya alokasi dana ini,” jelasnya.

Prioritas utama Bupati Romanus dalam pengelolaan dana Otsus di kabupaten Merauke diantaranya  Pendidikan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi.

“ Minimal jalan, jembatan, perumahan itu kita buat untuk Orang Asli Papua, anak-anak Papua kita bisa sekolahkan dengan uang ini termasuk anak Papua yang kami kirim ke luar Negeri,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *