27 Juli 2024

Inspektorat Terima Surat Permintaan Audit Khusus untuk Jalan Muram Sari

0

Rudi Edward Risamasu,SH.,M.Kn

Merauke, PSP – Inspektorat Daerah kabupaten Merauke, Selasa 8 Agustus 2023 lalu sudah menerima surat permintaan audit khusus tentang pekerjaan Jalan Muram Sari Semangga 1 dari Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Merauke.

Hal itu merupakan respon tentang pekerjaan jalan Muram Sari yang tidak sesuai spesifikasi dilakukan kontraktor.

“Sudah, dari dinas kemarin sudah ajukan surat untuk audit khusus,” ujar Inspektur Inspektorat Rudi Edward Risamasu,SH.,M.Kn di kantornya, Rabu (9/8).

Edward menyebutkan, tindak lanjut pembentukan tim audit khusus terhadap jalan tersebut baru akan dilakukan setelah pergeseran anggaran.

“Ini kan tengah dalam proses pergeseran anggaran, kami tunggu itu dulu baru nanti akan dibentuk tim,” lanjut Edward.

Dikatakan Edward, melalui audit khusus nanti akan dapat kesimpulan rekomendasi seperti apa yang patut diberikan.

“Hasil audit nanti dilihat, apakah dilakukan perbaikan ataukah pihak ketiga di black list,” ungkapnya.

Surat pengajuan audit khusus dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dinas terhadap jalan tersebut tidak menyertakan nilai tender maupun panjang jalan yang dikerjakan.

“Dalam surat hanya meminta untuk dilakukan audit, menyertakan nomor kontrak, dan nama pihak ketiga. Nanti setelah tim dibentuk akan di minta dokumen nya, baru kita lihat RAB nya,” ucap Edward.

Ditambahkan Edward, inspektorat sebagai OPD membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan oleh Perangkat Daerah akan tetap melakukan fungsinya melalui jalur yang sebenarnya.

“Iya, supaya tidak ada lagi bahasa bahwa inspektorat itu main mata atau seperti yang pernah disebutkan kucing – kucingan, kita dari jalur aja,” tegas Risamasu. Pemerintah daerah melalui Dinas PU Bidang Bina Marga, sebelumnya tegas tidak akan membayarkan satu sen pun terhadap pekerjaan jalan tersebut. Karena dinilai tidak sesuai spesifikasi pekerjaan jalan seperti yang semestinya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *