27 Juli 2024

Pj. Gubernur Safanpo : Penyerapan APBD Papua Selatan masih dalam penghitungan

0

Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST,.MT

Merauke, PSP – Penyerapan anggaran APBD Provinsi Papua Selatan mulai pemerintahan berjalan hingga satu semester tahun ini masih dalam tahap penghitungan.

Hal ini disampaikan Pj. Gubernur Papua Selatan Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT kepada wartawan usai rapat tertutup dengan OPD – OPD nya di Careinn Hotel, Jumat (14/7) lalu.

Pj. Gubernur Safanpo menyampaikan, belum terlihat secara Kasat mata penyerapan APBD Provinsi Papua Selatan yang sedianya target sebesar Rp. 1,6 Trilyun.

“Belum, makanya (dalam rapat) tadi kita harapkan itu mulai dihitung karena rapat ini juga untuk itu,” ujar Pj. Gubernur Safanpo.

Dikatakan, Rp. 1,6 Trilyun APBD Papua Selatan merupakan target.

“Itu target, 1,6 bahwa pemerintah akan mendapatkan uang dari DAU, DAK, Otsus, PAD maupun DBH (Dana Bagi Hasil),” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa dalam realisasi pendapatan belum tentu akan mencapai target. Sebab, ada beberapa kondisi diantaranya, sesuai bahwa realisasi pendapatan sama dengan rencana pendapatan, kondisi kedua realisasi pendapatan melebihi rencana pendapatan (surplus), kondisi ketiga realisasi pendapatan kurang dari apa yang ditargetkan sehingga harus dikurangi kegiatan.

“Belum tentu didapat sebanyak itu, kalau didapat sebanyak itu berarti tepat,” jelasnya.

Dilanjutkan, kondisi APBD pemerintah Papua Selatan saat ini belum mencapai target.

“Jadi dengan kondisi sekarang itu akan berkurang, karena sumber – sumber pendapatan hingga sekarang belum tercapai. Contohnya, hibah dari Provinsi induk, maupun kabupaten – kabupaten belum masuk semua. Kemudian PAD pun belum bisa ditarik karena, belum ada Perda, sehingga kegiatan harus dikurangi semua . Justru bisa jadi pengurangan,” pungkas Pj. Gubernur Safanpo. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *