27 Juli 2024

Sambangi Mentri Tenaga Kerja, Pemprov Bahas 3 Hal Ini

0

Lambertus Fatruan,ST

Merauke, PSP – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan ESDM Provinsi Papua Selatan Lambertus Fatruan,ST mengatakan pemerintah Provinsi telah bertemu Mentri Ketenagakerjaan Ida Fauziah di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pertemuan yang turut langsung dihadiri Pj. Gubernur Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT itu menyuarakan dan membahas beberapa hal berkaitan dengan wadah kerja orang – orang dari Papua Selatan.

Baik mengenai pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di lokasi pusat pemerintahan KTM Salor, magang kerja dalam Negri maupun luar Negri serta Job fair atau wadah mencari kerja di Papua Selatan.

“Jadi pertemuan itu membahas soal tiga itu, seperti Job fair kita akan langsung dengan perusahaan yang nantinya menangani langsung pencari kerja,” ujar Lambertus di Careinn Hotel, Kamis (13/7).

Begitupun tentang magang, sambung dia, dalam waktu dekat tahapan persiapan sudah akan dilakukan. Magang luar Negri dimana pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Jepang.

“Proses pengusulan magang sudah mulai tahun ini, itu ke Jepang, juga di dalam Negri,” ucapnya.

Untuk pembangunan BLK, Lambertus bilang akan dibangun di lahan 10 hektar di KTM Salor. Pelatihan akan berfokus pada bidang pertanian dan tidak mengesampingkan bidang lain seperti mekanik, kelautan, maupun meubel. “Pak Gubernur sudah bicara waktu itu langsung ke ibu mentri dan sudah terjawab itu dan ditindaklanjuti dari Dirjen, artinya tahun depan pembangunannya akan ditangani oleh kementrian, nanti diserahkan dulu sertifikatnya karena akan jadi aset pusat nanti ,” pungkas Lambertus. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *