26 Juli 2024

Pj. Bupati Mappi Membuka MUSCAB II Gerakan Pramuka Kwarcab 2613 Mappi

0

Saat Pembukaan MUSCAB II Gerakan Pramuka Kwarcab 2613 Mappi. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP – Penjabat Bupati menghadiri dan membuka kegiatan (Musyawarah Cabang) MUSCAB II Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 2613 Mappi Tahun 2023 di aula hotel avista. MUSCAB II dihadiri juga oleh Sekertaris Kwarda Provinsi Papua Indris Khan, S.Sos, M.M, Sekda Mappi, para pimpinan (Organisasi Perangkat Daerah) OPD, Perwira Penghubung, serta seluruh pengurus dan kader gerakan pramuka kwartir cabang 2613 mappi, Kamis (13/7/2023).

Dikesempatan itu, Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si mengatakan, “sebagai  alumni tentu pernah bergabung bersama gerakan pramuka saat di bangku pendidikan SD dan SMP.” Dengan pendidikan luar sekolah, bergabung dan belajar di organisasi gerakan pramuka akan membentuk karakter, pola pekir  dan kedisplinan secara pribadi.

“Pendidikan luar sekolah mampu membawa saya menjadi ketua OSIS di SMP, ketua OSIS di SMA dan mendapatkan juara satu sebagai salah satu siswa teladan di kabupaten Yapen Waropen. Maka semua pencapaian secara pribadi baik pembentuk karakter, pola pikir dan kedisiplinan itu bisa terbawa terus, karena awal terbentuk dari gerakan pramuka, dan puji Tuhan waktu SMP di tahun 1993 saya memimpin rombongan dari kabupaten Yapen Waropen untuk ikut musyawarah nasional gerakan pramuka di waena buper bersama gerakan pramuka dari seluruh cabang,” tutur Penjabat Bupati.

Penjabat Bupati ingatkan, dampak dan manfaat dari mengikuti gerakan pramuka mampu membentuk karakter, pola pikir dan kedisiplinan secara pribadi, sehingga bisa terbentuk dengan baik. Dan terbukti yang hadir saat ini sekertaris kwarda provinsi Papua, pabung, beberapa kepala-kepala OPD, kepada sekolah dan para guru bisa mendapat kesempatan yang baik, dan bisa menjadi contoh bagi generasi penerus di sekolah-sekolah.

Penjabat Bupati menjelaskan, gerekan pramuka merupakan organisasi strategis dan menjadi mitra kerja pemerintah untuk membentuk, membina dan menciptakan pemuda-pemudi yang berkualitas. Sejarah telah mencatat bahwa gerakan pramuka telah memberikan kontribusi dalam perjalanan bangsa Indonesia, tepatnya dalam kongres pemuda pada tanggal 18 Oktober 1928, dan melalui keputusan Presiden republik Indonesia nomor 448 tahun 1961 ditetapkan hari pramuka setiap tahun diperingati pada tanggal 14 Agustus.

“Semoga MUSCAB II gerakan pramuka kwartir cabang 2613 mappi dapat berjalan dengan baik, menghasilkan keputusan – keputusan yang baik dan program kerja yang baik sehingga tetap menjadi mitra kerja pemerintah, agar pemerintah bisa membuka diri, mendengar dan menantikan dukungan dari gerakan pramuka kwartir cabang 2613 mappi. Di sekolah-sekolah kalau gerakan pramuka aktif, maka generasi muda yang ada dibangku sekolah akan menjadi generasi muda yang mempunyai  karakter, pola pikir dan kedisiplinan,” ungkapnya.

Penjabat Bupati mengatakan, pemerintah daerah tetap akan memberikan dukungan kepada gerakan pramuka kwartir cabang 2613 mappi baik melalui Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 maupun APBD tahun 2023. Saat ini perkembangan zaman semakin pesat maka sangat diperlukan pendampingan, pembinaan dan pembentukan karakter baik secara rohani maupun jasmani, agar pemuda-pemudi kita tidak tertinggal dengan perkembangan zaman saat ini. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *