14 Juni 2024

Sosok Polisi Perbatasan, AKP Makruf Jadi Salah Satu Penerima Penghargaan ‘Hoegeng Award’

0

AKP Makruf Suroto salah satu anggota Polres Merauke yang mendapat penghargaan Hoegeng Award tahun 2023. Foto: PSP/FHS

Merauke – Yang kesekian kalinya AKP Makruf Suroto, perwira Polres Merauke memeperoleh penghargaan dari berbagai pihak atas dedikasinya mengabdi untuk masyarakat. Kali ini, perwira yang dikenal polisi perbatasan itu mendapat penganugerahan  dalam  ‘Hoegeng Award 2023’ sebuah even kerjasama yang digagas detikom dengan Polri. Puncak acara penganugerahan akan berlangsung 14 Juli 2023 di The Tribrata Darmawangsa Jakarta dan AKP Makruf diundang langsung ke sana.

Hoegeng Award merupakan sebuah acara yang mengapresiasi polisi-polisi teladan yang berlandaskan pada nilai-nilai mantan Kapolri, Jenderal Hoegeng Imam Santoso. Anugerah itu diberikan kepada lima polisi teladan di lima kategori, yakni polisi berintegritas, polisi inovatif, polisi berdedikasi, polisi tapal batas/pedalaman dan polisi pelindung perempuan dan anak.

AKP Makruf mengatakan dirinya terpilih dari polisi perbatasan dan pedalaman. Memang sejak berpangkat bintara hingga perwira berpangkat perwira, ia sudah bertugas di Polsek Sota, perbatasan RI-PNG, sejak tahun 1992. Bahkan, pangkat perwiranya pun ia peroleh di sana dengan kenaikan pangkat luar biasa setelah masuk dalam program Kick Andy dari stasiun televisi nasional Metro TV dan menjabat sebagai Kapolsek Sota. Kini ia dipercaya sebagai Kasat Binmas Polres Merauke. Meski sudah bertugas di kota, namun ia masih terus berkarya untuk masyarakat, selayaknya masih berdinas di Sota dulu, khususnya di bidang pendampingan pertanian untuk masyarakat.

Lewat penghargaan kali ini, AKP Makruf bertekad akan melayani masyarakat lebih maksimal lagi. Sebab, penghargaan ini sebuah jerih payah dan partisipasi masyarakat Merauke, keluarga hingga support dari pimpinan.

“Peran istri juga yang menguatkan saya selama menjalankan tugas, karena selalu ada mendampingi. Begitu juga dengan pimpinan, mulai dari Kapolres, Kapolda hingga Kapolri. Terima kasih atas supportnya,” tutur AKP Makruf, kemarin.

Untuk itu ia mengajak teman-teman Polri untuk melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas. Karena Polri merupakan, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Bila dirinya bisa, tentu anggota Polri lainnya juga pasti bisa. AKP Makruf bersama istri akan bertolak ke Jakarta 13 Juli 2023 besok. Sementara Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan juga menyampaikan apresiasi kepada AKP Makruf yang sudah membawa nama baik Polres Merauke. “Sosok pak Makruf ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik di perbatasan,” kata Domin.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *