14 Juni 2024

Pemda Merauke akan Gelar Gerakan Pangan Murah

0

Merauke, PSP – Badan Pangan Nasional akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di seluruh Indonesia dan kabupaten Merauke menjadi salah satu titik gelaran GPM tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Merauke, Martha Bayu menjelaskan Gerakan Pangan Murah tersebut akan digelar di belakang kantor Bupati Merauke pada Senin 26 Juni 2023.

Dijelaskan bahwa kegiatan dari Badan Pangan Nasional ini dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha yang jatuh pada tanggal 29 Juni mendatang.

Gerakan Pangan Murah (GPM) digelar serentak secara Nasional yaitu di 290 titik lokasi dimana dilaksanakan oleh 34 Dinas yang menangani urusan pangan di Provinsi dan 256 Dinas yang menangani urusan pangan di kabupaten/kota.

“ Dinas kami adalah bagian dari 256 dinas yang menangani urusan pangan dimana kami telah mengandeng kurang lebih sekitar 6 distributor pangan di kabupaten Merauke yang dalam arti nanti bisa membantu kami untuk menyiapkan produk-produk pangan untuk konsumsi masyarakat kabupaten Merauke,” jelasnya, Jumat (23/6).

Terkait GPM ini tentunya ada beberapa komoditas yang mempengaruhi inflasi seperti beras, gula, tepung, telur, daging ayam, daging sapi dan juga ada beberapa produk lain yang pada pelaksanaan nanti akan dijual termasuk kita siapkan bawang merah, cabe juga siapkan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasaran saat ini.

“ Kami sudah menyampaikan ke para distributor jadi harga yang dijual sama dengan harga distributor. Contoh Bawang Merah kami sudah menggandeng salah satu distributor dimana harga pasaran sekarang berada di kisaran Rp. 50 Ribu-Rp. 55 Ribu per kilo, besok yang kami jual kepada masyarakat itu 1 kilonya itu Rp. 45 Ribu, baawang putih kita jual di harga Rp. 38 ribu sementara harga pasaran sudah diatas itu,” tambahnya.

Selain itu juga pada gelaran GPM tersebut nantinya pihaknya menggandeng Bulog untuk menyiapkan komoditas beras yang akan dijual kepada masyarakat.

“ Kami nanti di GPM juga dari pihak Bulog kami sudah konfirmasi menyiapkan beras kurang lebih 5 Ton untuk masyarakat dengan harga per kilonya Rp. 10 Ribu, beras besok tersedia. Juga terkait produk-produk pangan ini dari sisi stok di distributor dalam keadaan siap menjelang Idul Adha,” pungkasnya. [JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *