24 Juni 2024

Pj Bupati Mappi Pimpin Rapat Monev Pengendalian Inflasi dan Penanganan Stunting

0

Saat Rapat Monev Pengendalian Inflasi dan Stunting. Foto: PSP/FHS

Mappi, PSP – Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,M,Si menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) pengendalian inflasi dan penanangan stunting di Kabupaten Mappi. Rapat tersebut dipimpin Pj Bupati Mappi, Michael Gomar dan dihadiri oleh seluruh OPD dilingkup Pemkab Mappi yang berlangsung, Selasa (20/6/2023).

Dikatakan Pj Bupati Mappi bahwa penanganan stunting dan pengendalian inflasi merupakan kebijakan pemerintah pusat yang setiap saat, secara khusus para Pj Bupati, Bupati Defenitif dan walikota wajib melaporkan hasil penanganan stunting dan pengendalian inflasi.

Pj Bupati menuturkan, ada tiga program prioritas pemerintah pusat saat ini yakni, pengendalian inflasi, penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem. Dimana setiap minggu pihaknya wajib melaporkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pj Bupati menuturkan, untuk penanganan inflasi beberapa waktu lalu kami telah mendapat kunjungan tim dari inspektorat provinsi yang datang berkunjung ke kabupaten Mappi.

Lebih jauh kata Pj Bupati selanjutnya untuk penanganan stunting sejuah ini sudah dilakukan rembuk stunting yang mana leading sektor  ada  di Bappeda Kabupaten Mappi. Untuk hasil rembuk stunting setelah ini tolong disiapkan, dilihat kembali berapa banyak penderita stunting  di Kabupaten Mappi.

Pj Bupati menyebutkan, saat ini Persentasi angka Stunting Kab. Mappi masih 15,39% persen, dan akan dilakukan intervensi Program/Kegiatan hingga mencapai 14%. Pj Bupati menegaskan, penanganan stunting tidak bisa dilaksanakan sendiri, namun butuh keterlibatan tokoh agama, tokoh adat, TP – PKK, organisasi kemasyarakatan. Stunting ini memang tanggungjawab pemerintah daerah tetapi perlu dikolaborasikan mulai dari tingkat RT, Kampung hingga tingkat OPD teknis. Karena tanpa kolaborasi dengan semua pihak maka penanganan stunting ini tidak akan selesai. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *