Dipastikan Sehat, 31 Ekor Hewan Ternak Berlayar Menuju Kepi

0

Pemeriksaan kesehatan terhadap 31 ekor ternak yang akan dikirim ke Kepi. Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Kebutuhan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha di Papua Selatan tergolong cukup siginifikan. Hal tersebut terlihat adanya permohonan di Sistem Informasi Perkarantinaan untuk pengiriman hewan ternak ke Kepi, Kabupaten Mappi.

Paramedik Karantina Hewan Penyelia Karantina Pertanian Merauke, Hervy Damayanti mengungkapkan ada sebanyak 31 ekor hewan ternak yang akan di kirim ke Kepi yang terdiri dari 27 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Karantina Merauke terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen, yaitu Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari Dinas Peternakan Merauke.

Setelah lengkap, pejabat Karantina melakukan pengambilan sampel darah untuk selanjutnya dilakukan pengujian di laboratorium Karantina Hewan.

” Dilakukan pengujian Rose Bengal Test (RBT) dengan target bakteri Brucella. Setelah serangkaian tahapan di laboratorium, hasilnya negatif. Sehingga 31 ekor diterbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11),” kata Hervy.

Secara terpisah, Kepala Karantina Pertanian Merauke mengajak semua masyarakat untuk Lapor Karantina saat akan melalulintaskan komoditas pertanian.

” Hal ini untuk mencegah masuk dan tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dari atau ke Merauke” tutupnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *