20 Juni 2024

Dinas Perpustakaan Daerah Manfaatkan Halaman TMB Untuk Kegiatan Literasi dan Numerasi

0

Para Pelajar dan Masyarakat Saat Melakukan Kegiatan Literasi dan Numerasi di Halaman TMB. Foto:PSP/RADE

Mappi, PSP – Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Mappi melakukan giat membaca, menulis, mewarnai dan menonton filem dokumenter tentang pendidikan di halaman (Taman Mappi Bangkit) TMB yang menjadi pusat hiburan dan rekreasi bagi masyarakat kota kepi. Giat tersebut yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2023 diikuti oleh para pelajar tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Fransiskus Y. Jamlean, S.Sos, M.Si mengatakan, giat tersebut merupakan bagian dari apa yang telah dicanangkan oleh Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si dalam momentum hari pendidikan Nasional beberapa hari lalu. Pencanangan tentang literasi dan numerasi bertujuan untuk pengembangan (Sumber Daya Manusia) SDM di kabupaten mappi secara keseluruhan.

“Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh kami dari dinas, dan dengan adanya taman mappi bangkit yang telah dibangun oleh pemerintah daerah kabupaten mappi, tentu menjadi tempat untuk bisa dimanfaatkan dalam pengembangan literasi dan numerasi. Salah satu dengan disediakan perpustakaan keliling dihalaman TMB, untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membaca buku, menulis, mewarnai dan menonton filem dokumenter tentang pendidikan dan motivasi lainnya,” terang Kadis Perpustakaan Saat ditemui, belum lama ini.

Kedepannya, kata Kadis Perpustakaan, dinas akan mencoba melakukan kegiatan yang bisa membangkitkan semangat individu untuk mengembangkan literasi dan numerasi, karena literasi dan numerasi tidak hanya membaca dan menghitung tetapi juga memahami dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan jadwal perpustakaan keliling yang telah diatur yakni setiap hari Selasa dan Jumat jam 18:00 sampai dengan selesai, maka diharapkan keterlibatan para pelajar dan masyarakat. “Sekarang juga kami sudah merubah paradigma yang baru bahwa, bukan hanya membaca di perpustakaan, tetapi perpustakaan menjadi jendela informasi untuk semua kalangan yang ada di kabupaten mappi. Kami dinas perpustakaan daerah berkomitmen untuk membantu dinas pendidikan dalam pengembangan SDM pada umumnya, sehingga kami terus mencoba untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif diberbagai kalangan,” pungkasnya. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *