19 Juni 2024

Usai Dilantik, LMA Boven Digoel diminta Menjadi Alat Kontrol Keamanan dan Kerukunan

0

Pelantikan badan pengurus LMA Boven Digoel. Foto: PSP/VER

Tanah Merah, PSP – Konsolidasi lembaga masyarakat adat Provinsi Papua di setiap kabupaten/kota tentu jadi satu kewajiban, mengingat dengan penataan organisasi masyarakat tersebut berdampak positif terhadap alur kerja, sistem komunikasi, koordinasi menjadi jelas. Demikian penegasan Sekertaris Jenderal LMA Provinsi Papua Pascalis Netep ketika melantik LMA Kabupaten Boven Digoel.

Menurut Netep , dengan pelantikan lembaga masyarakat adat Papua di setiap kabupaten seperti contoh Boven Digoel, maka ini merupakan sebuah penataan organisasi. Oleh karena itu dengan sudah resmi terlantik LMA Boven Digoel, sudah barang tentu mereka di harapkan mengorganisir masyarakatnya, terutama lima suku besar di Boven Digoel. Karena Keberadaan lembaga masyarakat adat Papua sebagai organisasi yang sah dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

“Keberadaan lembaga masyarakat adat Papua dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia itu sah keberadaannya.di banding organisasi lain yang keberadaan secara defacto ada namun keberadaan secara yuridis atau hukum belum di akui keberadaannya,”ujarnya.

Ditempat yang sama Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Boven Digoel dr. Viviana Maharani Pradoto Kusumo, MM saat membacakan Sambutan Bupati mengatakan Badan Pengurus LMA yang baru dilantik diharapkan Dapat Menjadi Alat Kontrol Keamanan dan Kerukunan antar seluruh umat di daerah Boven Digoel. “Lembaga adat berfungsi bersama pemerintah merencanakan, mengarahkan, mensinergikan program pembangunan agar sesuai dengan tata nilai adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan yang berkembang dalam masyarakat demi terwujudnya keselarasan, keserasian, keseimbangan, keadilan dan kesejahteraan masyarakat. selain itu, lembaga adat berfungsi sebagai alat kontrol keamanan, ketentraman, kerukunan dan ketertiban masyarakat,”ungkapnya. [VER-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *