22 Februari 2024

KPK Menilai Pemda Merauke Baik Dalam Tata Kelola MCP Tahun 2022

0

Dian Patria

Merauke, PSP – Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK Republik Indonesia Dian Patria mengungkapkan, hasil Monitoring Center for Prevention (MCP) tahun 2022 oleh KPK, Kabupaten Merauke termasuk dalam kategori baik melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi.

Untuk diketahui, MCP merupakan sebuah aplikasi atau dashboard yang dikembangkan oleh KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi, melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

“Hasil MCP 2022 ini kami sudah bagi untuk Papua Selatan diluar pemerintah Provinsi, kalau dilihat Merauke termasuk baik skornya,” ujar Patria dalam rapat koordinasi pemberantasan korupsi terintegrasi wilayah Papua Selatan di Careinn Hotel, Selasa (8/5).

Patria menyebut, skor yang diterima berada di bawah angka 50 persen, kendati untuk di wilayah timur khusus Papua Selatan terbilang baik.

“Memang di bawah 50 persen, untuk wilayah timur ini lumayan,” katanya.

Setelah Merauke, lanjut Patria, kemudian menyusul Kabupaten Asmat, Mappi dan Boven Digoel.

“Ini skor MCP secara nasional 0 – 100. Kalau di wilayah barat memang sudah mencapai 99 skornya seperti Bali,” kata Patria.

Menurutnya, pendekatan MCP wilayah barat dan timur sedianya berbeda. “Pendekatannya berbeda barat dan timur, kami harus menyesuaikan dengan konteksnya,” pungkas Patria. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *