22 Februari 2024

Pertamina Akan Tambah Kuota Penyaluran Minyak Tanah Jelang Lebaran

0

Depot Pertamina Merauke. Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan minyak tanah menjelang Hari raya Idul Fitri, PT Pertamina akan menambah kouta penyaluran bulanan minyak tanah ke Agen.

Sales Branch Manager Rayon III Papua PT Pertamina, Anwar Hidayat mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada penambahan kuota minyak tanah untuk triwulan tahun 2023 ini.

“ Untuk kuota minyak tanah yang SK April ini kemarin sudah terbit dari BPH Migas, namun kurang lebih secara volume sama seperti evaluasi yang triwulan 1 tahun 2023 kemarin, jadi belum ada penambahan yang signifikan dari kuota yang diberikan,” katanya kepada wartawan di kantornya belum lama ini.

Dijelaskan bahwa Pertamina tidak punya hak atau wewenang untuk menambahkan kuota Minyak Tanah, karena kuota minyak tanah merupakan produk subsidi yang mengacu kepada anggaran subsidinya pemerintah, sehingga yang mengevaluasi dari BPH Migas.

Untuk itu pihaknya telah mengatur penyaluran minyak tanah dengan kuota yang ada saat ini agar penyalurannya bisa tahan hingga akhir tahun sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan.

“ Kalau kita base on kouta yang ada jadi kita harus atur supaya kouta ini cukup sampai satu tahun, karena jangan sampai sekarang ini kita gelondor terus tapi nanti tahu-tahu gak nyampe sampai akhir tahun,” jelasnya.

Namun khusus untuk bulan April ini mengingat adanya perayaan Hari Raya Idul Fitri, pihaknya akan menambah kuota penyaluran kepada agen namun tetap melihat kuota minyak tanah yang tersedi.

“ Tapi untuk bulan ini kemarin kita sudah planning untuk ada penambahan bulanannya karena di bulan April ini jatuh disaat orang Idul Fitri jadi kemungkinan penggunaannya banyak, kemarin sudah kita penambahan juga, jadi kita ngambil cicil dari bulan-bulan yang kemungkinan sepi kita naikan disini,” tambahnya.

Penambahan tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“ Biasanya per agen minyak tanah kemarin kita tambah 5 KL untuk satu bulan,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *