20 Juni 2024

Berdinas ke Merauke, Letkol (Marinir) Daulat Situmorang Pulang Kampung Kedua Kalinya

0

Danyonmarhanlan XI yang baru, Letkol Marinir Daulat Situmorang disambut saat tiba di Mako, kemarin. Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Pimpinan TNI Angkatan Laut Korps Marinir memberikan amanah dan kepercayaan kepada Letkol (Mar) Daulat Situmorang  jadi nahkoda baru di  Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI yang berkedudukan di Merauke.  Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Yonmarhanlan XI Merauke dan Dandenma Pasmar 3 bertempat di Lapangan Apel Mako Pasmar 3 Jalan Sorong-Aimas, Distrik Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (10/4).

Bagi Letkol Daulat, penugasan ini bagaikan pulang kampung untuk kedua kalinya sejak bergabung dengan prajurit Marinir. Karena tahun 2011 hingga tahun 2013 saat berpangkat Lettu  hingga Kapten, ternyata ia juga sudah berdinas di Yonmarhalan XI. Kali ini jadi pemegang tongkat komando untuk mengendalikan semua prajurit baret ungu di Merauke. Letkol Daulat merupakan kelahiran Merauke dan jebolan alumni SMA N 1 Merauke.

“Pimpinan telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk kembali. Saya akan memberikan yang terbaik untuk pengabdian di tanah Anim Ha ini,”tutur Letkol Situmorang saat tiba di Mako Yonmarhanlan XI, kemarin pagi.

Sesuai dengan arahan pimpinan, Yonmarhanlan merupakan satuan territorial yang di BKO kan untuk Lantamal XI. Dengan demikian, pada kesehariannya akan bertugas untuk memperkuat Lantamal XI. Maka, tugas-tugas yang diberikan sudah disiapkan Lantamal  XI.

Sebagai pejabat yang baru, agenda prioritas  yang dilaksanakan pembenahan internal, baik secara material maupun secara spritual mental prajurit agar tetap terjaga.  Begitu juga dengan kemampuan kesiapan tempur daripada satuan akan pertahankan.

“Karena dalam rangka tahun depan Pemilu serentak, sehingga ini menjadi penekanan bapak Presiden dan pimpinan TNI AL bahwa kita yang berada di wilayah selatan Papua ini harus mendukung pemerintah dalam menyukseskan agenda nasional tersebut,” ucapnya. Saat tiba di Mako Yonmarhanlan,  Lektol Marinir Daulat Situmorang bersama istri disambut dengan tarian adat Marind  dan selamat datang oleh prajurit. Dari sana, Danyon langsung memberikan pengarahan bagi seluruh personilnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *