22 Februari 2024

Pemprov Papua Selatan Pastikan Pembiayaan KPS tetap Dilanjutkan

0

Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT

Merauke, PSP – Pemerintah Provinsi Papua Selatan menilai bantuan kesehatan melalui Kartu Papua Sehat (KPS) perlu dilanjutkan pembiayaannya oleh pemerintah.

Hal ini mengingat BPJS Kesehatan tidak melayani pembiayaan secara keseluruhan penyakit yang tengah diderita pasien.

Hal itu disampaikan Pj. Gubernur Papua Selatan Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Pj. Gebernur Safanpo mengatakan, hal itu perlu menjadi perhatian. Dimana sedianya masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan diusahakan terlebih dahulu kesembuhannya.

“Kita tahu BPJS terkadang hanya membiayai perawatan dan pengobatan saja, nah seperti rujukan kerumah sakit lebih baik itu tidak termasuk,” ujar dia.

Dengan begitu, lanjutnya,  pemerintah daerah akan melibatkan diri guna membantu masyarakat melalui KPS.

“Ini perlu bantuan dari pemerintah daerah, kami sudah upayakan agar pembiayaan bisa dilanjutkan yang semula dari provinsi Papua di Papua Selatan melalui KPS,” tuturnya.

Dijelaskan, pembiayaan melalui dana otsus memiliki 4 sektor prioritas untuk orang asli Papua. Baik dibidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta ekonomi rakyat. “Nah, dengan ini sementara berjalan kami juga tengah menghitung data orang asli Papua di selatan. Sejauh ini kami masih berpatokan dengan data tahun sebelumnya dan akan dilakukan verifikasi,” tutup Pj. Gubernur Safanpo. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *