20 Juni 2024

Penjabat Ketua TP. PKK Kabupaten Mappi Diangkat Sebagai Duta Stunting

0

Mappi, PSP – Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar, SH, MH dinobatkan sebagai Duta Stunting di Kabupaten Mappi. Penobatan istri Pj Bupati Mappi jadi Duta Stunting oleh Dinas Kesehatan dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah yang digelar Selasa (7/3/2023).

Ny Stefanie Gomar menyambut baik pemilihan dirinya menjadi Duta Stunting. “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai Duta Stunting di Kabupsten Mappi, jujur saya kaget ketika dibacakan oleh pembawah acara tadi, soalnya sebelumnya tidak ada penyampaian dari dinas seperti itu. Tetapi ini surprise buat saya dan terima kasih atas tanggung jawab yang telah diberikan kepada saya ini,” ungkapnya.

Dalam menjalankan perannya sebagai Duta Stunting, Stefanie akan bersinergi dengan semua sektor untuk menurunkan stunting di Kabupaten Mappi. Meskipun ia menyadari target untuk penurunan stunting sebesar 14 persen di Tahun 2024 sangatlah berat tapi dengan kolaborasi lintas sektor ia yakin itu bisa tercapai. Apalagi prevalensi stunting di Tahun 2022 sudah di angka 23 persen.

Tahun 2023 ini, sesuai target Pemkab Mappi adalah menurunkan stunting menjadi 21 persen. Atau turun sekitar dua persen. Dengan konsistensi itu ia yakin penurunan bisa terus dilakukan hingga mencapai 14 persen.

“Kita harus turunkan ke angka 14 persen, namun kami meyakini apabila kita bekerja bersama dan terus berkolaborasi maka secara perlahan kita akan mencapai apa yang kita targetkan bersama. Ini menjadi langkah awal bagi kita,” ucapnya.

Salah satu upaya untuk penurunan stunting adalah pemberian makan bergizi. Dengan potensi Mappi maka ia menggagas ‘Gerakan Makan Ikan’ sebagai sumber protein untuk perbaikan gizi. “Kabupaten Mappi ini penghasil ikan gabus terbesar diwilayah Selatan Papua, tidak perlu kita jauh –jauh mencari ikan salmon tetapi yang ada di dekat kita saat ini adalah ikan gabus, dan nanti akan dijelaskan secara detail oleh ahli gizi, dan kita ketahu bahwa ikan gabus ini mengandung protein paling tinggi, sehingga inilah yang akan kita gerakkan ke depannya,” jelas Stefanie.

Sebagai langkah awal pada kegiatan penutupan Raker Kesda dilakukan pencanangan ‘Isi Piringku Kaya Akan Protein’ yang dibagikan secara simbolis kepada murid SD dan TK di Kabupaten Mappi. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *