27 Juli 2024

Diharapkan Minyak Kayu Putih Cap Kakatua Raja Jadi Produk Unggulan Merauke

0

Merauke, PSP – Kelompok Usaha Poo Ketu yang berada di Kampung Yanggandur Distrik Sota  mengharapkan minyak kayu putih Cap Kakatua Raja menjadi produk unggulan dari Merauke. Sebab, mereka ingin minyak kayu putih hasil olahan mereka bisa meningkatkan pendapatan.

Ketua Poo Ketu, Sumadi mengungkapkan ia bersama dengan anggota kelompok usaha Poo Ketu yang didominasi orang asli papua mengharapkan minyak kayu putih hasil olahan mereka bisa menjadi produk unggulan asli merauke. Dengan menjadikan produk unggulan, maka minyak kayu putih cap Kakatua Raja bisa menjadi sumber pendapatan bagi para petani tanaman minyak kayu putih.

Usaha minyak kayu putih yang saat ini dijalani, lanjut Sumadi, sudah berjalan sekitar 10 tahun.  Selama ini, minyak kayu putih cap Kakatua Raja sudah dikirim ke beberapa daerah di luar Merauke. “ Walau tidak banyak, kami sudah pernah mengirim minyak Kayu putih cap Kakatua Raja ke luar Merauke seperti bekasi, sumatra, manado dan daerah lainnya,” kata Sumadi kepada Papua Selatan Pos, belum lama ini.

Masih menurut Sumadi, selain ke luar merauke, minyak kayu putih cap Kakatua Raja dijual di Merauke sendiri. Ia sudah menitip di toko-toko di seputaran kota Merauke.

Sumadi menjelaskan untuk menjadi produk unggulan, kelompok usaha Poo Ketu membutuhkan bantuan pemerintah. Pasalnya untuk memproduksi skala besar membutuhkan SDM dan juga mesin poduksi yang canggih.

“ Untuk saat ini, kami produksi dengan peralatan sederhana. Selain itu, karena dana masih terbatas saya belum berani mengkontrak tenaga kerja. Oleh karena itu, bantuan pemerintah sangat kami harapkan agar minyak kayu putih cap Kakatua Raja menjadi produk unggulan asli Merauke,” pungkasnya. [LRM-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *