25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Selama PON XX, Warga Antusias Laksanakan Vaksin

Kepala Puskesmas Kelapa Lima Agatha Futunanembun

Merauke, PSP – Antusias masyarakat kelurahan kelapa lima di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON] XX mulai aktif dalam mengikuti vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Keterlibatan masyarakat dalam mengikuti vaksinasi dosis pertama dan kedua rata-rata untuk melengkapi persyaratan baik mengenai pekerjaan maupun mobilitas perjalanan.

Kepala Puskesmas Kelapa Lima Agatha Futunanembun menyampaikan, sejak event nasional PON XX antusias masyarakat kelurahan kelapa lima dalam mengikuti vaksinasi mulai meningkat, peningkatan jumlah masyarakat yang mengikuti vaksinasi rata-rata umur dewasa, dan dalam proses pemberian vaksinasi tentu kami akan melakukan screening terlebih dahulu untuk memastikan apakah masyarakat bisa vaksinasi atau tidak.

“Kami juga tidak bisa memaksakan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, namun dengan event nasional PON XX ini sangat membantu masyarakat untuk terlibat dalam mengikuti vaksinasi. Untuk pemberian vaksinasi juga kami memberikan syarat pada masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi dosis pertama harus membawa 10 orang untuk mengikuti vaksinasi,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, usai belum lama ini.

Di tambahkan, karena untuk pemberian vaksinasi dosis pertama 1 botol yang digunakan untuk 10 orang, sehingga sistem yang kami terapkan di puskesmas kelapa lima yaitu 1 bawah 10 orang. Pelayanan vaksinasi dosis pertama dan dosis kami melayani setiap Minggu di hari Kamis dan Sabtu.

“Bagi masyarakat kelurahan kelapa lima yang ingin melakukan vaksinasi harus bisa melengkapi persyaratan puskesmas kelapa lima dengan membawa 10 orang untuk mengikuti vaksinasi, karena itu menjadi syarat utama,  sehingga dalam penggunaan 1 botol vaksinasi dapat di gunakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Kami tidak bisa melayani masyarakat jika hanya datang sendirian untuk mengikuti vaksinasi,” ujarnya.

Bagi masyarakat, harapannya, jangan mengikuti vaksinasi hanya untuk melengkapi sebuah persyaratan, tetapi harus mengikuti vaksinasi untuk menjaga imunitas tubuh dan menjaga agar tidak terjadi penularan Covid-19, karena rata-rata yang hanya mengikuti vaksinasi hanya untuk melengkapi persyaratan, hal ini akan membuat pihak puskesmas sulit dalam memberikan vaksinasi dosis kedua. [CR1-NAL]

error: Content is protected !!