8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Izin Buka Toko Miras Telah ‘Ditutup’

Kadis PMPTSP Merauke, Justina Sianturi

Merauke, PSP – Pemerintah kabupaten Merauke dibawah kepemimpian Bupati Romanus Mbaraka telah membijaki soal peredaran Minuman keras jauh sebelum ada permintaan dari PB PON Papua. Hal itu bisa dilihat dari data pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Merauke.

Kepala (DPMPTSP Kabupaten Merauke, Justina Sianturi mengungkapkan bahwa izin untuk membuka toko minuman keras telah ditutup oleh Bupati Merauke.  Namun, menurutnya sebelumnya sejak awal hingga menjelang akhir tahun ini, ada satu toko yang mengaajukan izin penjualan minuman keras berlebel. 

 “Kami selaku kepala Dinas PTSP, dalam hal perizinan adalah melaksanakan kewenanggan yang diberikan oleh Bupati. Jadi pasti pemimpin daerah memiliki pertimbangan terkait itu untuk menata atau memperbaiki peredaran miras yang ada di Merauke,” terangnya di hotel Halogen belum lama ini.

Justina menambahkan bahwa upaya pemberantasan peredaran miras sepenuhnya merupakan kewenanggan Bupati.  “Itu memang hak beliau untuk bisa membuat daerah bisa terkendali, secara khusus yang dari miras. karena berkaitan dengan ketertiban dan keamanan,” tambahnya.

Sementara itu, Justinya menyebutkan bahwa saat ini setidaknya telah ada puluhan toko yang talah berizin untuk menjual minuman keras. “Kalau total, bukan cuma toko, ada bar, ada juga hotel, itu ada 23 itu selama 2020. Tidak ada penambahan, terakhir yang satu ditahun 2021, rekomendasi dari petunjuk pimpinan,” pungkasnya. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!