7 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Bupati Romanus akan Bijak Sikapi Penutupan Penjualan Miras

Merauke, PSP – Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda meminta agar selama perhelatan PON tidak boleh ada penjualan minuman keras (miras) di seluruh klaster penyelenggaran, baik itu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapuran, Mimika, maupun Merauke. Permintaan itu lantas disikapi oleh Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.

Bupati mengemukakan pihaknya akan mengambil keputusan secara bijak terkait permitaan ketua Harian PB PON untuk menutup peredaran miras sementara waktu selama penyelenggaraan PON. “Kita berfikirnya itu fifty (50:50), memang harus bijak menanggani. Miras walaupun bagaimana orang harus akui bahwa ini kebutuhan primer manusia. Kalau tutup total misalnya, dia akan lebih jahat,” terangnya kepada para awak media, di Kantor KONI Merauke, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut, Romanus menjelaskan sebaiknya peredaran miras ditutup di daerah pinggiran kota, yang sebagian masyarakatnya memiliki taraf ekonomi menengah ke bawah.

“Jadi memang pemerintaah punya tugas itu mengkaji kebijakan yang betul-betul bisa membuat daerah ini aman. Misalnya miras didaerah pinggiran, harus ditutup, tidak boleh. Karena disitu rata-rata tinggal masyarakaat tidak mampu dengan pendidikan tamat SD bahkan tidak tamat,” tambahnya. Sementara pada masyarakat di wilayah perkotaan, miras diperbolehkan  untuk tetap beredar dengan dilakukan pengawasan. “Sementara kalau boleh dikawasan elit, misalnya toko minuman yang betul-betul besar, itu tetap. Karena walaupun bagaimana itu kebutuhan primer,” pungkasnya.

[WEND-NAL]

error: Content is protected !!