25 September 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Tingkatkan Kualitas Panen, Pemda Merauke Siap Kolaborasi dan Sinergi Bersama Petani Milenial dan Perpadi

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama Petani Milenial dan Perpadi mengadakan pertemuan di Kantor Bupati. Foto RED.

Merauke, PSP – Guna meningkatkan kualitas panen padi , Pemerintah Kabupaten Merauke  siap mendukung inovasi dan terobosan yang diciptakan oleh Petani milenial dan Perpadi Merauke. Demikian disampaikan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dalam pertemuan bersama Petani Milenial dan Perpadai di Kantor Bupati, Senin, 26/7/2021.

Bupati mengatakan Pengering-pengering pribadi  Padi yang diciptakan sangat bermantaat bagi masyarakat, dan kedepan akan dibuat program pengadaan pengering di setiap Kampung yg bertujuan utk meningkatkan kwalitas hasil Panen.

Untuk pupuk, lanjut Bupati, Pemda Merauke sedang melobi ke pusat supaya kuota ditambah. Bupati berharap Petani harap bersabar, dan  selalu koordinasi. Bupati juga meminta agar selalu diadakan diskusi semua elemen demi kemajuan pertanian merauke .

“ Terimakasih juga untuk Perpadi sudah melakukan terobosan untuk mengirim beras ke pasar bebas. Jadi tidak bergantung ke bulog dan sama-sama jalan melakukan penyerapan. Memang banyak kendala untuk pertanian kita, tapi saya selalu optimis kedepan pasti lebih baik. Dengan kolaborasi ini sangat penting demi kemajuan dan penyerapan hasil panen petani merauke,” ujar Bupati.

Masih dalam pertemuan itu, Ketua Perpadi sekaligus Pembina Petani Milenial Merauke, A. Manullang mengatakan Perpadi dan Petani Milenial hadiruntuk membantu petani tanpa ada kepentingan politik dan kelompok. Pihaknya siap melakulan inovasi-inovasi seperti penyiapan bibit yang bersertifikat dan penanaman secara tabela untuk para petani.

Dalam pengendalian hama, pihaknya akan melakukan inovasi karena petani banyak mengalami hambatan akibat pengendalian hama kurang maksimal. Diskusi dan edukasi kepada semua elemen tiap triwulan dengan berpindah-pindah lokasi sentra demi pertanian merauke.

“ Kami akan fokus untuk pengembangan bed drayer yang sudah teruji.Pasar luar/Bebas sudah siap menerima, Perusahaan tepung di jawa juga siap tampung menir dan broken. Tinggal peningkatan penyerapan dan poros pasar bebas serta sama-sama mensuport baik bulog maupun pasar bebas,” ujar Manullang seraya mengatakan untuk itu perlu kita sama duduk rata dan sinergi untuk kemajuan bersama.[RED]