25 September 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Oknum Tokoh Agama Diduga Lakukan Pencabulan

AKP Agus F. Pombos

Merauke, PSP – Satuan Reskrim Polres Merauke kembali berhasil mengamankan oknum tokoh agama berinisial AN (42 Tahun) yang diduga melakukan tindakan asusila terhadap anak di bawah umur. Kapolres Merauke melalui Kasat Reskrim Polres Merauke, AKP Agus F. Pombos yang dikonfirmasi membenarkan info tersebut.

Ia katakan , penangkapan pelaku berawal saat anggota Sat Reskrim Polres Merauke melakukan pengejaran terhadap 9 tahanan yang beberapa waktu lalu melarikan diri.

“ Ada salah satu tokoh agama yang sudah kita tangkap, itu berawal dari kaburnya salah satu tahanan kami dan tahanan yang kabur itu adalah pelaku persetubuhan terhadap anak juga. Ketika dia melarikan diri, dan kita lakukan penangkapan, rupanya disembunyikan oleh tokoh agama ini untuk dimanfaatkan,” kata Kasat Reskrim kepada wartawan belum lama ini.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tokoh agama tersebut, terkuak bahwa pelaku tersebut sering melakukan tindakan pencabulan terhadap anak dibawah umur.

“ Rupanya setelah kita melakukan penyelidikan setelah ditangkap di Semangga rupanya tokoh agama ini juga melakukan perbuatan cabul yaitu dia lakukan terhadap laki-laki jadi dilakukannya terhadap sesama laki-laki. Jadi anak-anak ini sengaja dipelihara di rumah, diberi makan kemudian dimanfaatkan,” jelasnya.

Dikatakan juga bahwa sudah ada 10 korban yang berhasil terungkap. Hanya saja korban enggan melaporkan kejadian tersebut sehingga pihaknya kesulitan untuk memproses lebih lanjut.

“ Korbannya ini kita sudah ungkap ada 10 nama, para korban tersebut tidak berani untuk menjadi saksi tapi mereka mengakui,” terangnya.

Untuk itu, Ia meminta kepada masyarakat untuk melaporkan bila menemukan tindakan asusila tersebut kepada pihak kepolisian.

“ Makannya saya selalu minta kepada masyarakat untuk dukungannya, perbuatan cabul, sodomi itu jangan dibiarkan, karena itu seperti zombie,” pungkasnya.[JON-NAL]