12 April 2024

Hari Pertama Pendaftaran, Dokumen Pasangan Romarin dan Hebat Dinyatakan Lengkap

0

Ketua KPU Merauke menyerahkan berita acara hasil penelitian berkas oleh tim verifikasi kepada pasangan Romarin.

Merauke, PSP – Pendaftaran bakal pasangan calon bupati, Drs.Romanus Mbraka,MT- Riduwan,S.Sos,M.Pd (Romarin) dan bakal pasangan calon Bupati, Heribertus Silubun,SH-Bambang Setiadji Suji,S.Sos, dalam Pemilukada tahun 2020 ini, diterima oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Merauke, di hari pertama pendaftaran di kantor KPU Merauke, Jumat (4/9).

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze,SH, mengemukakan awal yang dilakukan tim verifikasi, ketika baslon mendaftar adalah mengecek persyaratan pencalonan, karena itu mutlak. Hal itu berkaitan dengan kelengkapan, B-KWK, B. 1-KWK. Kemudian naskah visi-misi, program dan surat keputusan (SK) partai politik. Untuk keabsahan yang dimaksud,  misalnya dalam dokumen B.-1 KWK, apakah ditanda tangani  oleh ketua dan sekretaris parpol, serta dicap atau tidak. “Setelah keabsahan dan kelengkapan untuk persyaratan pencalonan ini lengkap, maka dilanjutkan dengan verifikasi persyaratan calon”, terangnya.

Theresia menyebut, tim verifikasi telah melakukan penelitian dan kelengkapan keabsahan dokumen persayaratan pencalonan dan kelengkapan persyaratan calon. Dalam pendaftaran bakal pasangan calon pada Pemilukada atas nama bakal calon Bupati Drs.Romanus Mbraka, MT dan bakal calon Wakil bupati, H.Riduwan,S.Sos, M.Pd, untuk keabsahan, memenuhi syarat. Untuk kelengkapan persyaratan calon,juga dinyatakan lengkap.

“Berdasarkan hasil hasil penelitian, pendaftraan bakal pasangan calon diterima”, ujar Theresia.

Hal serupa juga dikatakan Ketua KPU Merauke, bagi  bakal pasangan calon, Heribertus Silubun,SH-Bambang Setiadji Suji,S.Sos, yang mendaftar di sore harinya. Berdasarkan hasil penelitian, pendaftaran bakal pasangan calon diterima KPU.

Saat membacakan berita acara hasil  penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan pencalonan dari tim verifikasi tersebut, langsung disambut tepuk tangan meriah oleh baslon dan tim pengantar.

Untuk tahapan selanjutnya, bakal pasangan calon akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Jayapura, sesuai dengan peraturan KPU. Untuk biaya akomodasi, menjadi tanggungan baslon, sedangkan biaya pemeriksaan kesehatan, dibiayai oleh KPU. Kepada baslon, akan diberikan surat pengantar. Namun untuk jadwal pemeriksaannya, masih menunggu jadwal dari KPU Provinsi Papua.

“Kami akan beritahukan kemudian, terkait dengan jadwal pemeriksaan  kesehatan. Apabila sudah ada, akan segera kami komunikasiakn kepada tim penghubung”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, bakal calon Bupati, Drs.Romanus Mbraka,MT, mengapresiasi KPU dan tim verifikasi, karena sudah menerima berkas dokumen yang diserahkan dengan baik. Pasangan Romarin, siap mengikuti proses tes kesehatan. “Saya kira ini bagian dari proses yang baru kita jalan, masih ada tahapan lagi”, kata Romanus, usai pendaftaran.

Romanus juga menyampaikan apa yang menjadi alasannya memilih Riduwan sebagai pendamping dalam Pemilukada 2020 ini. Ia ingin ada pluralisme, keseimbangan dan toleransi.

“Cita-cita kita cuman satu, membangun negri ini. Tekad saya, mari kita sayang dan urus Merauke dengan baik-baik. Orang asli harus kita beri penghargaan”, ucap mantan Bupati periode 2010-2015 itu.

Pasangan Heribertus Silubun, SH-Bambang Setiadji menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua KPU untuk diteliti oleh tim verifikasi.

Balon Bupati, Heribertus Silubun,SH didampingi pasangannya, juga mengapresiasi pihak penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu. “Kami  menyampaikan terimakasih yang setinggi- tingginya kepada KPU, Bawaslu maupun koalisi partai. Semoga Tuhan, memberkati kita dan memberikan  yang terbaik untuk Kabupaten Merauke”, tandasnya. [FHS-NAL] ada foto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *