19 Mei 2024

Ketua KPU Optimis Tahapan Coklit bisa Tepat Waktu

0

Theresia Mahuze, SH

Merauke, PSP – Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas PPDP diyakini bisa terlaksana dengan tepat waktu. Hal ini dilihat dari laporan dan monitoring progress pelaksaaan coklit setiap harinya.

“Saya optimis sekali tanggal 13 Agustus 2020, progress coklit sudah  100 persen. Karena setiap hari, ada laporan dan kami selalu monitoring terus,” ujar Ketua Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke, Theresia Mahuze, SH, di kantornya, Senin (3/8).

Dari 20 distrik, sebut Theresia, dari hasil pantauan pihaknya, untuk distrik Merauke, progresnya sudah di atas 50 persen. Bahkan, ada beberapa distrik yang sudah mencapai 100  persen, seperti di Distrik Animha. Meski begitu, ditekankan kepada petugas untuk memastikan  kembali bahwa semua warga di sana sudah terdaftar.

Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) sendiri,  sedang berjalan. Dimana, petugas masih bergerilya ke rumah-rumah warga dan  sesuai dengan jadawal  sampai 13 Agustus 2020 mendatang. Dalam pelaksanannya, Ketua KPU bersama komisioner juga turun langsung, guna melihat para petugas. Disana, ada masukan dari petugas, atas kendala yang mereka hadapi di lapanga, salah satunya ada beberapa warga yang menolak didata. Dengan alasan,takut covid-19. Padahal, kehadiran petugas yang sudah memakai APD dan mengikuti protokol kesehatan itu, bertujuan untuk mendapat data yang falid.

Meski begitu, mereka tidak coret. Namun, solusi yang diambil, petugas memberikan pengertian kepada warga tersebut, agar masyarakat tidak takut dan pendataan tetap berlangsung. Jika memang takut, bisa dilakukan  pendataan di luar rumah, seperti teras rumah. Kendala lain, di salah satu kelurahan ada satu keluarga yang suspek, dengan demikian, solusi yang diambil, dengan pendaataan by phone. “Intinya, masyarakat tetap terdaftar, dari sisi kesehatan dan keselamatan, tetap terjaga”, pungkasnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *