13 Juni 2024

Dinsos dan Kelurahan akan Perbaiki Data Penerima BST

0

Yohanes Samkaki

Merauke, PSP – Dinas Sosial bekerja sema dengan Kelurahan dan Kampung akan memperbaiki data peserta Bantuan Sosial Tunia (BST). Pasalnya, pada penyaluran bantuan tahap pertama sampai ketiga, banyak diantara masyarakat yang berhak menerima namun tidak menerima dan sebaliknya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Yohanes Samkakai saat ditemui di Kantor DPRD sesuai rapat bersama Ketua DPRD dan para Lurah se Distrik Merauke megungkapkan nantinya data perbaikan dari kelurahan akan dikirimkan ke Kementerian dan selanjutnya akan dijadikan acuan pada penyaluran bantuan tahap berikutnya.

“Kita akan kerja sama dengan kelurahan. Kami tidak bisa mengirimkan data ke Kementerian (Kemensos) kalau tidak ada data dari teman-teman. Kita tidak mau cari siapa yang salah dan siapa yang benar, tapi kami mau berusaha untuk perbaiki data ini,” katanya belum lama ini.

Dalam penyaluran BST sebelumnya, Yohanes mengakui bahwa data yang digunakan merupakan data lama yang sudah tidak relefan lagi dengan kondisi saat ini.

“Karena sekarang kan sudah ada yang mapan, ada menjadi anggota TNI/Polri, ASN, yang dulunya petani menjadi wira sawasta, itulah yang diganti. Tapi tetap mengacu pada jumlah kuota yang sama,” pungkasnya.

Berdasarkan keputusan Dirjen Fakir Miskin, imbuh Yohanes, nantinya program BST akan berlanjut sampai tahap ke-9 pada Desember mendatang. “Akan dilanjutkan, yang sebelumnya di tahap 1 sampi 3, sekarang untuk tahap ke 4 sampai 9, yaitu Juli sampai Desember. Hanya kuotanya belum tau siapa-siapa yang menerima. Kemudian, besaran yang diterima dituruankan dari 600 ribu menajdi 300 ribu,” ungkapnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *