13 Juni 2024

Kesbangpol Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Pilkada

0

Rama Dayanto

Merauke, PSP – Kapala Badan Persatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Merauke, Rama Dayanto mengajak semua pihak untuk sama-sama menjaga kondusifitas pemilihan kepala daerah yang rencananya akan dihelat pada Desember mendatang. 

“Supaya kondisinya kondusif saya cuma mau minta, seluruh elemen anak bangsa yang ada di Kabupaten Merauke, mari kita saling menghormati dan saling menjaga. Sehingga tatanan kehidupan kita jangan sampai rusak, jangan sampai terjadi kesenjangan,” ungkap Rama kepada Papua Selatan Pos, di ruang kerjanya belum lama ini. 

Rama Menuturkan, pihaknya telah memiliki regulasi tentang penanganan situasi untuk mengamankan kantibmas. Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, ia juga telah berkomunikasi dengan berbagai tokoh untuk membicarakan hal-hal yang berkenaan dengan pengamanan dalam pemilukada.

“Oleh karena itu, saya sudah minta kepada pimpinan-pimpinan etnis, pemuka-pemuka agama, tokoh-tokoh masyarkat, tokoh pemuda untuk mari kita saling berkomunikasi, kalau ada hal yang kira-kira kita belum bisa, mari kita bicarakan,” terangnya.

Selain tokoh organisasi kemasyarakatan, ia juga telah berkordinasi dengan berbagai tokoh partai politik. Pasalnya, dengan heterogenitas yang lengkap dan kondisi politik yang dinamis, memungkinkan terjadinya pergolakan yang panas jika politik tidak dibarenagi dengan sikap yang santun.

“Saya minta kesantunan dalam berpolitik coba diterapkan dengan cara dan model masing-masing. Partai A tidak mungkin sama dengan Partai B, dan saya pikir masyarakat sekarang sudah cukup pintar dalam memahami dinamika politik ini. Tinggal elit-elit politik, elit-elit masyarakat. Sebab kalau satu saja dirusak, nanti jadinya akan susah, akan terjadi konflik. Konflik sosial ini ongkosnya mahal sekali untuk bisa kita netralisir, apalagi tingkat heterogenitas kita di Merauke ini kan cukup tinggi,” tegasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *